Kerjasama dengan Polisi, Bule Asal Belanda Berhasil Ringkus Pencuri HP Miliknya

ilustrasi pencurian hp. (foto: thestar)

KABARHUKUM-Medan | Lantaran HP miliknya dicuri saat nongkrong di warung kopi Jalan Alfalah Kelurahan Harjosari I, Kecamatan Medan Amplas, seorang turis asal Belanda, Robert (51) rupanya bertekad membalas. Dia pun bekerjasama dengan petugas lalu lintas Polsek Medan Kota. Alhasil, dia berhasil meringkus seorang pelaku pencurian handphone di warung kopi Jalan Alfalah Medan, pada Kamis (17/9/2015).

ilustrasi pencurian hp.  (foto: thestar)
ilustrasi pencurian hp.
(foto: thestar)

Selanjutnya pelaku yang diketahui berinisial I (30) kemudian diboyong ke Polresta Medan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Di Mapolresta Medan, Robert menceritakan aksi pencurian ini terjadi beberapa hari lalu, saat ia sedang asyik nongkrong di warung kopi.

“Sewaktu HP saya dicuri, saya lagi di warkop duduk-duduk. Tak lama kemudian pelaku datang dan merampas handphone saya lalu kabur,” ujar Robert.

Sadar menjadi korban perampokan, korban tak tinggal diam, ia langsung mengejar pelaku. Namun sayang, upayanya sia-sia lantaran pelaku tak berhasil dikejarnya. Dengan sangat terpaksa, ia pun merelakan HP-nya diboyong pelaku.

Beberapa hari setelah peristiwa itu, korban pun kembali ke warkop tersebut. Sesaat berada di sana, pria berkulit putih ini mengetahui pelaku yang merampas HP-nya berada di warkop tersebut. “Tanda saya dengan orang yang mencuri handphone saya itu,” kata bule tersebut dengan berbahasa Indonesia.

Mungkin sedang mujur, saat bersamaan seorang personil lalu lintas juga berada di warung, korban pun langsung melaporkannya. “Saya laporkan ke polisi lalu lintas, di situlah dibawa pelakunya, terus kami dibawa ke Polsek Medan Kota,” kata korban.

Kapolsek Medan Kota Kompol Ronald F Sipayung menjelaskan pihaknya telah menerima laporan terkait diamankannya, seorang pelaku pencurian terhadap turis asing. “Iya, tadi dibawa kesini, tapi untuk pemeriksaan lebih lanjut dibawa ke Polresta Medan,” tandasnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Medan Kompol Aldi Subartono saat dikonfirmasi mengenai kejadian ini mengatakan pihaknya belum menerima laporan itu. “Belum tahu saya, barusan ya ditangkap, kalau itu saya belum tahu, nanti saya cek,” tandas Aldi singkat. (*)


laporan: Adek Siahaan

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda