Laporan #Haji2015: Korban Wafat Tragedi Mina Bertambah Jadi 717 Jemaah

Korban tragedi Mina 2015, di antaranya diangkut ke Rumah Sakit melalui helikopter. (foto: Saudi Press Agency)

KABARHUKUM-Medan | Korban wafat di Tragedi Mina pada Kamis (24/9/2017) dikabarkan sudah mencapai 717 orang. Namun, rilis dari Departemen Pertahanan Sipil Arab Saudi, menyatakan, setidaknya mereka bisa mengkonfirmasi 453 jamaah yang wafat hingga sore tadi.

Kabar juga menyebutkan, setidaknya 805 lainnya luka-luka di persimpangan jalan 204 di kamp Mina, beberapa kilometer sebelah timur dari Makkah.

Korban tragedi Mina 2015, di antaranya diangkut ke Rumah Sakit melalui helikopter.  (foto: Saudi Press Agency)
Korban tragedi Mina 2015, di antaranya diangkut ke Rumah Sakit melalui helikopter.
(foto: Saudi Press Agency)

Dilansir dari Al Arabiya News Channel, Rumah Sakit darurat di Mina kebanjiran jemaah yang wafat dan cidera. Disebutkan, lokasi kejadian terjadi di pintu masuk Jamarat dekat Jalan 204, dan tidak di dalam area Jamarat di mana pilar jumrah terletak.

“Mereka yang terluka telah didistribusikan ke empat rumah sakit lain di wilayah Mina. Beberapa luka telah dievakuasi oleh helikopter ke rumah sakit di kota Makkah,” demikian dilaporkan Al-Arabiya.

Pada pukul 14.00 waktu setempat, dilaporkan, pemerintah Saudi telah menutup beberapa jalan yang mengarah ke Jembatan Jamarat, tempat jemaah sedang dalam perjalanan untuk melakukan salah satu ritual utama terakhir haji, yaitu melempar jumrah.

Tim pertahanan sipil Arab Saudi juga mengatakan, sekitar 4.000 anggota tim tanggap darurat mereka, bersama dengan Palang Merah, dikerahkan ke lokasi kejadian untuk membantu memimpin jamaah untuk rute yang lebih aman. Saat ini, operasi penyelamatan masih berlangsung. (*)


editor: Nirwan SP
sumber: AlArabiya

ARTIKEL TERKAIT

One Thought to “Laporan #Haji2015: Korban Wafat Tragedi Mina Bertambah Jadi 717 Jemaah”

  1. sas

    Inalillahi wainalillahi rojiun…turut berduka cita bagi keluarga yg ditinggalkan

Komentar Anda