Tangis Sukacita Warnai Kepulangan Jemaah Haji Kloter I Asal Sumut

Jemaah Haji asal Medan di Asrama Haji Medan. (foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)

KABARHUKUM-Medan | Kedatangan ratusan jemaah haji kloter I diwarnai isak tangis haru dari keluarga saat tiba di Asrama Haji, di Jalan AH Nasution, Medan, Selasa (29/9/2015). Informasi dihimpun, sebanyak 382 jemaah haji kloter I Embarkasi Medan tiba di Kualanamu International Airport (KNIA) pukul 06.57 WIB. Kepulangan inisempat mengalami keterlambatan kurang lebih sekitar 4 jam dari jadwal yang telah ditentukan.

Jemaah Haji asal Medan di Asrama Haji Medan.  (foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)
Jemaah Haji asal Medan di Asrama Haji Medan.
(foto: Dhabit Barkah Siregar-kabarhukum.com)

Plt Gubsu, H Tengku Erry Nuradi menyambut langsung kedatangan jemaah di KNIA. Erry didampingi Kepala Kanwil Kemenag Sumut, Tohar Bayo Angin. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, Imam Mukhair. “Ya, Pak Gubernur dan Kakanwilmenag Sumut menjemput langsung ke bandara,” katanya.

Pihaknya mengatakan, jumlah jemaah kloter I Embarkasi Medan yang diberangkatkan ke Makkah berjumlah 378 Jamaah. Namun ketika pulang ada penambahan sehingga menjadi 382 jamaah. “Ada penambahan 4 jamaah. Keempat jamaah itu berasal dari jamaah haji yang visanya belum siap saat diberangkatkan. Akhirnya, mereka digabung dengan Kloter II. Saat pemulangan, mereka kembali digabungkan dengan Kloter I,” jelasnya.

Keempat jamaah haji itu, di antaranya Lidesma binti Samsul Amal (58), dari Medan, Nurhayati (54) binti Jumain Ritonga dari Labuhan Batu, Maksum (50) bin Marakonang Simamora dari Labuhan Batu, dan Nurnina (69) binti Raja Bahari Ritonga dari Labuhan Batu.

Dari pantauan di lokasi, kemacetan panjang terjadi di seputar kawasan Jalan AH Nasution, yang diakibatkan padatnya kendaraan keluarga jemaah haji yang terparkir di bahu jalan.

Selain itu, terlihat petugas kepolisian bekerja ekstra mengatur arus lalu lintas. Besok, Rabu (30/09/2015) kloter II tiba di bandara KNIA 08.25 WIB Jamaah kloter II ini adalah Jamaah dari Medan dan Kabupaten Padang Lawas Utara. (*)


laporan: Bolang

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda