Wow, Jumlah Pertumbuhan Penduduk Indonesia Setahun Setara Negara Singapura

ilustrasi

KABARHUKUM-Jakarta | Laju pertumbuhan penduduk Indonesia saat ini 1,49 persen atau bertambah 4,5 juta orang pertahun. Kenyataan tersebut dinilai mengkhawatirkan karena hanya dalam setahun pertambahan penduduk Indonesia setara dengan jumlah penduduk negara Singapura.

ilustrasi
ilustrasi

“Laju pertumbuhan penduduk saat ini 1,49 persen, harus diturunkan paling tidak 1,1 persen. Itu sama dengan jumlah penduduk satu negara yaitu Singapura. Kalau sepuluh tahun ya 10 negara Singapura,” ungkap Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty usai pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa.

Dilansir dari inilah, Surya memaparkan pertumbuhan tertinggi berasal dari kawasan-kawasan padat penduduk dan miskin, sehingga kualitasnya juga rendah. Karena itu pihaknya akan membangun Kampung Keluarga Berencana, terutama di daerah miskin dan padat penduduk seperti di kampung nelayan.

Peluncuran program itu akan dilakukan di Pangandaran dan Cirebon pada Januari 2016 oleh Presiden Jokowi. Ia menyebutkan sebagian program akan kembali ditangani oleh pemerintah pusat seperti penyediaan alat atau obat kontrasepsi. Juga sistem informasi keluarga sebagai basis data yang langsung menyentuh masyarakat.

Lanjutnya, BKKBN juga mengembangkan program rumah sehat di mana ibu-ibu dapat membina balita, keluarga dan lansia sehingga keluarga lebih sejahtera. BKKBN juga melaporkan rencana penyelenggaraan Konferensi Internasional Keluarga Berencana di Nusa Dua, Bali 9-12 November 2015 mendatang.(*)


editor: Ki Andang

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda