Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat Masih Berselimut Asap

Suasana di Bukittinggi hingga Rabu (30/9/2015) masih penuh kabut asap (foto: Roni J-kabarhukum.com)

KABARHUKUM-Bukittinggi | Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat tak terasa sudah lebih dari sebulan diselimuti kabut asap imbas dari kebarakaran hutan Propinsi Riau dan Jambi. Sampai saat inipun, kabut asap tersebut masih menghalangi jarang pandang hingga sejauh 1 kilometer.

Suasana di Bukittinggi hingga Rabu (30/9/2015) masih penuh kabut asap (foto: Roni J-kabarhukum.com)
Suasana di Bukittinggi hingga Rabu (30/9/2015) masih penuh kabut asap
(foto: Roni J-kabarhukum.com)

Kepada reporter kabarhukum.com yang berada di lokasi, Rabu (30/9/2015), salah seorang pelajar di sekolah menengah atas Kabupaten Agam bernama Rizki menyatakan, kabut asap sudah lama menyelemuti sehingga siswa sekolah dipulangkan lebih awal.

“ Kira–kira sudah sebulan lebih asapnya datang kemari, jadi kami pun harus pulang cepat karena kata guru supaya tidak sakit, “ keluh Rizki.

Sementara Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kototabang, Palupuh Agam, Edison Kurniawan mengakui terjadi peningkatan partikel debu (PM-10) sudah sampai 110 mikogram/meter kubit (ug/m3).

Diketahui, BNPB Sumbar menyatakan dampak kabut asap dari Riau dan Jambi berdasarkan pantauan Satelit Terra Aqua juga terdeteksi titik api (hotspot) sebanyak 25 titik. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho,upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menjadi sumber bencana masih terus dilakukan.(*)


laporan: Roni J

Bagi berita:

1 Trackback / Pingback

  1. Sejak Siang, Asap Serang Kota Medan Lagi | kabarhukum.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*