Pelindo I Gelar Workhsop Bersama Roland Berger Demi Kuala Tanjung

KABARHUKUM-Medan | PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 dalam mendukung program pemerintah untuk  pengembangan Tol Laut, akan melakukan sinergitas dengan pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai “Industrial Gateway Port” yang mengintegrasikan Pelabuhan dan Kawasan Industri.

Pelindo

Guna mendapatkan konsep pengembangan yang optimal, Pelindo 1 melakukan kerjasama dengan konsultan internasional, yaitu Roland Berger. Ia juga adalah Port of Rotterdam sebagai advisor Pelindo 1 yang sudah memiliki pengalaman dalam bidang pengembangan port industry.

Kerjasama dalam bentuk Workshop  yang digelar di Ruang Selat Malaka, Kantor Pusat Pelindo 1 ini menyertakan para stakeholder dan mitra strategis. Workshop dengan tema Business and Strategy Plan for Kuala Tanjung Industrial Estate ini gunanya untuk mendapatkan masukan dan ide untuk pengembangan Kuala Tanjung.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo I, Iman A Sulaiman dalam pembukaan wokshop ini menyampaikan bahwa Pelindo 1 membutuhkan masukan dan saran-saran dari industry player khususnya yang berada di wilayah Sumatera Utara untuk pengembangan kawasan industry terpadu Kuala Tanjung ini.

“Melalui workshop ini, kita akan bersama-sama mensinergikan ide dan masukan untuk pengembangan Kuala Tanjung, sehingga diharapkan konsep dari kawasan industri ini betul-betul mencerminkan seluruh kepentingan industri yang ada di Sumatera Utara,” Jelas Iman.

ACS Humas Pelindo I, M. Eriansyah mengatakan bahwa workshop ini diiikuti oleh para stakeholder, instansi BUMN dan industri yang berada di Sumatera Utara, seperti PTPN III, PTPN IV, Inalum, PT Tolan Tiga Indonesia, Semen Indonesia, PLN, Pertamina, Pupuk Indonesia, PGN, Charleston Holding dan anak perusahaan Pelindo 1.

Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung sendiri ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2016, dan efektif beroperasi pada kuartal 1 tahun 2017. Pelabuhan ini akan menjadi Hub Port Indonesia bagian Barat, khususnya di Selat Malaka, yang dikenal memiliki kepadatan lalu lintas kapal dan barang yang sangat tinggi.(*)


editor: Ki Andang

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*