Rio Capella Terima Rp200 Juta dari Gatot, Kuasa Hukum Rio: Itu Ucapan Terimakasih

Rio Patrice Capella.

KABARHUKUM-Jakarta | Pihak Patrice Rio Capella menganggap uang Rp200 Juta yang diterima Rio bukanlah gratifikasi ataupun korupsi. “Uang itu seharusnya dianggap sebagai ucapan terima kasih,” kata kuasa hukum Rio, Maqdir Ismail dalam persidangan Rio di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (14/12/2015). “Kondisi seperti ini tidak serta merta membawakannya sebagai gratifikasi atau korupsi.”

Rio Patrice Capella.
Rio Patrice Capella (foto: okezone)

Menurut Maqdir, aturan korupsi di Indonesia saat ini terlalu luas. Aturan tersebut tidak disesuaikan dengan budaya ketimuran yang pakewuh atau sungkan.

“Apa yang dianggap korup di barat, belum tentu dianggap korup di tempat lain. Seperti korupsi di Australia dan China, itu juga tidak bisa kita bandingkan,” ujarnya.

Ia juga menyebut aturan di Belanda, di mana setiap putusan hukum dapat digantikan dengan denda, bahkan termasuk vonis mati sekalipun. Jika hal ini diterapkan di Indonesia, rutan-rutan yang selama ini selalu over kapasitas akan berkurang.

Rio sendiri sebelumnnya memang mengaku menerima uang Rp200 juta dari Gatot dan istrinya Evy Susanti. Uang tersebut diserahkan melalui pegawai di kantor hukum OC Kaligis, Fransisca Insani Rahesti. Uang itu ternyata dititipkan kembali oleh Rio kepada Fransisca. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*