Laporan Tindak Pidana Meningkat, Kapolresta : Angka Kejahatan Menurun

Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto (foto: polresta)

KABARHUKUM-Medan | Angka kejahatan di Tahun 2015 mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya, begitu juga pengungkapan sejumlah kasus tindak pidana.

Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto  (foto: polresta)
Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto
(foto: polresta)

Hal tersebut dikatakan Kapolresta Medan Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mardiaz Kusin Dwihananto dalam acara Refleksi Akhir Tahun yang digelar Polresta Medan bersama unsur Forum Kerja Perangkat Daerah (FKPD) Pemerintah Kota (Pemko), Medan dan Komando Distrik Militer (Kodim), Kolonel Infanteri Maulana Ridwan, di gedung Ruangan Rapat Utama (Rupatama), Mapolresta Medan, Rabu, (30/12/2015). Dalam gelaran acara tersebut, Mardiaz mengungkapkan sejumlah pengungkapan kasus.

“Terjadi pengurangan sejumlah angka tindak pidana di Tahun 2015 ini. Tahun ini kita menerima 9.681 laporan, dan tahun 2014 menerima 8614 laporan tindak pidana,” ungkap Mardiaz, yang didampingi Dandim 02/01 BS serta Assisten Pemerintah Umum Pemko Medan, Musadat.

Mantan Wakil Direktur Kriminal Khusus (Wadir Krimsus), Kepolisian Daerah (Polda) Sumut ini, mengklaim, dari angka tersebut, aksi kejahatan yang paling banyak yakni pencurian sepeda motor (Curanmor) yang mencapai jumlah 2071 kasus, pencurian dengan pemberatan (curat), sebanyak 1623 kasus, penganiayaan 1206 kasus, dan pencurian dengan kekerasan 619 kasus.

“Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka kejahatan di Tahun 2015 ini mengalami penuruan. Akan tetapi, pengungkapan kasus mengalami peningkatan. ,” klaim Mardiaz.

Sejumlah angka kejahatan tersebut, sambung Mardiaz disebabkan faktor ekonomi. “Ketika perekonomian masyarakat turun, dapat dipastikan angka kejahatan meningkat. Itu yang terjadi di Kota Medan ini,” imbuhnya. (*)


Laporan: Adek Siahaan

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda