UMSU Kembali Lahirkan Dokter Baru, 13 Mahasiswa FK UMSU Disumpah

KABARHUKUM-Medan |  Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) kembali melahirkan para dokter baru yang akan mengabdikan ilmunya ditengah kehidupan masyarakat. Sejumlah 13 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) UMSU dinyatakan lulus dan berhak mengikuti prosesi Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter Angkatan X di aula gedung baru FK UMSU, Jalan Gedung Arca Medan, Sabtu (22/4/2017).

yudisium (2)

Dekan FK UMSU, dr Ade Taufik Sp OG pada kesempatan itu menyampaikan bahwa ke 13 dokter yang disumpah ini merupakan mahasiswa yang telah berhasil lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) secara nasional diadakan Kemenristek Dikti Tahun 2017. Dengan demikian, FK UMSU yang berdiri sejak Tahun 2008 telah berhasil melahirkan sebanyak 118 dokter yang siap dan telah mengabdi ditengah-tengah masyarakat.

Disebutkannya, FK UMSU saat ini memiliki memiliki sebanyak 360 mahasiswa yang sedang menjalani proses belajar, Pendidikan profesi 237 mahasiswa sedang menjalani pendidikan profesi di beberapa rumah sakit di Sumut dan 55 mahasiswa dalam tahap Pembekalan Uji Kompetensi. “Untuk tanggal 12 Mei 2017 mendatang sejumlah 37 mahasiswa kita akan menyusul ikut pembekalan uji kompetensi,” ucap Ade Taufik.

Kepada para dokter yang baru disumpah, Ade Taufik berpesan agar menjadikan profesi dokter bukan hanya sebagaipekerjaan semata tetapi lebih utama sebagai ladang ibadah. Ia juga berharap agar saat berperan ditengah masyarakat nantinya, para dokter ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pasiennya.

“Kelulusan ini adalah tahap pertama bagi anda, proses anda masihlah panjang sehingga kami berharap agar saat diluar sana, saat menjalani proses panjang tersebut semua lulusan kedokteran dapat menjaga nama baik UMSU dengan mengikuti semua peraturan yang diterapkan diluar sana,” harap dr Ade dihadapan para lulusan dan juga Rektor UMSU, Dr Agussani MAP.

Rektor UMSU, Dr Agussani MAP dalam bimbingan dan arahannya mengakui bahwa tak bisa dipungkiri kemajuan FK UMSU ini juga merupakan hasil perjuangan dari para senior terdahulu. Ini adalah bagian dari proses pendidikan, karena mengelola UMSU tidak seperti mengelola yayasan.

“Muhammadiyah itu hadir pertama kalinya adalah Pendidikan baru beroganisasi, sehingga ini adalah sangat penting bagi Muhammadiyah yang akan terus berusaha mengabdi memberikan yang terbaik kepada negara,” ucap Rektor.

Untuk itu, ia mengucapkan apresiasinya kepada pimpinan FK UMSU karena apa yang diraih sekarang merupakan bentuk pencapaian dari perjuangan panjang yang disertai tekad dan semangat yang kuat untuk meraihnya. “Kami memberikan apresiasi kepada pimpinan fakultas atas dasar rasa kebersamaan dan juga dedikasi pada universitas, bangun tersus kebersamaan dan raih terus prestasi,” ungkap Dr Agussani MAP.

Lanjut Rektor, saat ini unuversitas sedang konsen dalam peningkatan kualitas dan fasilitas dengan mengikuti perkembangan-perkembangan secara internasional. Dalam kualitas saat ini 4 dokter lulusan UMSU tengah menjalani proses pendidikan untuk menjadi Dokter TNI. Sementara dalam rangka penyiapan fasilitas, ia berharap semua pihak yang mengabdi bagi UMSU untuk terus melakukan inovasi-inovasi dengan penemuan-penemuan baru kemajuan teknologi.

“Sebuah kebanggan tersendiri bagi kita bila kedepannya nanti ada dokter bintang satu lulusan dari UMSU, dan lulusan UMSU tentunya dokter yang berbeda karena ia sebagai dokter islami dan menjadi pelopor penyambung lidah UMSU kepada masyarakat,” pungkasnya.

Acara yudisium ini ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Dekan FK dr Ade Taufiq, SpOG oleh Wakil Dekan I dr Makmur Husaini tentang Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter 2017 terhadap 13 mahasiswa yang lulus UKMPPD diadakan Kemenristek Dikti. Kemudian, 13 lulusan mengucapkan sumpah dokter yang dipimpin oleh ustadz Maulana Siregar di hadapan Rektor Dr Agussani MAP, Sekretaris Universitas Gunawan MTh, Dekan FK UMSU dr Ade Taufiq Sp OG,  staf ahli rektor bidang pendidikan Prof Dr Gusbakti serta para orangtua lulusan dan undangan termasuk dr Zulkarnaen Tala.  Memasuki acara puncak prosesi yudisium, rektor menandatangani naskah sumpah dokter, kemudian menyerahkan naskah sumpah dan medali kepada 13 lulusan dokter. Rektor juga menyerahkan cenderamata kepada lulusan terbaik dr Nurrahmi Jeani.

Lulusan terbaik FK UMSU, dr Nurrahmi Jeani dalam penyampaiannya menyatakan kalau keberhasilannya tidak terlepas dari perjuangan sang ibu, Nurbaini, yang juga sebagai ayah baginya karena ayahnya telah berpulang keharibaan Illahi sejak dirinya kecil. “Jika ada kata yang lebih dari kata terimakasih bagi ibuku maka itupun tidak cukup guna membalas perjuangannya hingga saya berhasil mencapai ini meski tanpa ayah sejak kecil,” ungkap dr Nurrahmi Jeani. Ia berharap kedepannya agar lebih banyak lagi lulusan dokter dari UMSU yang berprestasi.

Ke 13 dokter yang mengikuti prosesi Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter Angkatan X FK UMSU di Tahun 2017 ini yaitu dr Nurrahmi Jeani, dr Muhamad Soleh, dr Yati Sriati, dr Annisa Habni, dr Armellia Solida Harefa, dr Ivo Narisa, dr Sriulva Siregar, dr Annisa Lismarani, dr Dewi Ratnasari, dr Konica Sumitro, dr Rina Andriani, dr Normaisah Lubis dan dr Mulia Andri.(*)


Laporan: Andang/Risfan

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda