Di Sumut, Beredar Narkoba Jenis Permen dengan Target Anak-anak

Narkoba berbentuk permen yang ditemukan BNN.

KABARHUKUM-MEDAN | Jenis narkoba yang beredar di Indonesia disebutkan Badan Narkotika Nasional (BNN) mencapai 62 jenis. Jumlah itu memang masih sedikit dibanding dengan 600 variasi narkoba yang beredar di seluruh dunia. Begitupun, variasi narkoba yang beredar di Indonesia ini sudah sangat mengkhawatirkan. Bahkan di Sumut, BNN menemukan sejenis narkoba berbentuk permen yang menyasar kalangan anak-anak.

Dari 62 jenis telah beredar di Indonesia seperti sabu-sabu, ekstasi, ganja, heroin, putau, happy five dan lain-lain. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Utara Brigjen Pol Andi Loedianto mengatakan, dari 62 jenis itu, narkoba yang bisa dijerat dengan hukum baru 43 jenis. “Sedangkan sisanya masih belum diatur dalam UU,” kata Andi dalam dalam sosialisasi bahaya narkoba bagi kalangan pekerja Pertamina di Medan, Rabu (9/8).

Di Sumatera Utara, BNN telah menemukan salah satu narkoba jenis baru tersebut yang dibuat seperti permen. Narkoba tersebut diperkirakan dijual untuk kalangan anak-anak karena dibuat dengan bentuk yang menarik seperti bentuk kartun yang digandrungi anak-anak dengan warna yang mencolok.

Meski berbentuk permen, tetapi pengaruh narkoba tersebut sangat kuat karena sepenuhnya dibuat dengan bahan ekstasi. “Memang berbentuk permen, tetapi 100% narkoba,” katanya.

Dari penangkapan yang dilakukan BNN, narkoba berbentuk permen dengan warna yang sangat menarik minat anak-anak itu telah mencapai ratusan ribu butir di Sumatera Utara. “Di Sumatera Utara saya temukan 500 ribu,” katanya. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*