Wagubsu: Bohong Narkoba Bisa Beredar Tanpa Keterlibatan Aparat

Wagubsu Nurhajizah Marpaung ketika menerima Laksamana TNI Agus Rustandi di Medan.

KABARHUKUM-MEDAN | Bebasnya peredaran narkoba di Sumatera Utara disinyalir karena adanya keterlibatan dari aparat. Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Nurhajizah Marpaung saat menerima Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI Laksamana TNI Agus Rustandi yang didampingi Ketua Tim Peneliti Ernalem Bangun dan anggota tim lainnya. Seperti diketahui, kedatangan Agus sendiri adalah dalam rangka meneliti darurat narkoba dan keberadaan ISIS di Sumut.

“Bohong saja kalau narkoba bisa beredar kemana-mana tanpa adanya keterlibatan aparat. Makanya kalau kita berani, kita harus bersih semuanya. Jangan ada lagi keterlibatan kita dalam peredaran narkoba,” tegas Nurhajizah.

Menurut Wagubsu, untuk meminimalisir peredaran tersebut, maka aparat mulai dari Angkatan Laut, Angkatan Udara, Angkatan Daran dan Kepolisian harus bersih. “Paling kita khawatirkan saat ini adalah anak-anak sekolah kita. Jangan sampai mereka menjadi korban karena merekalah generasi penerus kita,” kata dia.

Di lain pihak, menurut Laksamana Agus Ristandi, penelitian darurat narkoba bukan hanya di Sumut saja. “Untuk penelitian darurat narkoba ini, kami juga sudah ke Samarinda, Riau, Batam, Yogyakarta dan Jakarta,” katanya.

Dikatakannya, berdasarkan survey BNN dan Puslitkes UI 2015, Sumut merupakan peringkat 2 provinisi dengan prevalensi penyalahgunaan narkoba tertinggi di Indonesia setelah Jakarta. “Nomor tiga Samarinda dan empat itu Riau,” terang dia.

Menurut Agus, massifnya peredaran narkoba karena produksi di luar negeri juga begitu massif. Apalagi bentuk Indonesia yang merupakan negara kepulauan memudahkan akses masuk narkoba. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*