Menko Kemaritiman Sebut China Development Bank akan Buka Perwakilan di Indonesia

China Development Bank (foto: scmp)

KABARHUKUM-JAKARTA | China Development Bank (CDB) akan membuka kantor perwakilannya di Indonesia. Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman di Jakarta, Jumat (18/8/2017). “Tadi bertemu dengan Otoritas Jasa Keuangan menyangkut masalah CDB akan buka kantor di sini,” ujarnya.

Untuk diketahui CDB ini nantinya adalah lembaga keuangan yang memfasilitasi pinjaman China untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya menelan biaya hingga 5,1 miliar Dolar AS (setara Rp67,8 triliun, kurs Rp13.300). Sementara CDB menanggung pinjaman senilai 75% dari total investasi, dan 25% lainnya dari modal perusahaan konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Di sisi lain, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan pemerintah mendukung dan memfasilitasi lembaga keuangan asing untuk membuka kantor perwakilan di Indonesia guna mendukung kegiatan pembiayaan infrastruktur.

“Kalau seandainya ada lembaga keuangan yang ingin mendukung kegiatan pembiayaan di Indonesia dan kalau mereka ingin membuka perwakilan resmi di sini, kami mendukung. Kami memang harus terus memfasilitasi sumber-sumber pembiayaan tersebut,” ujarnya.

Meski demikian, Agus enggan menyebut lembaga keuangan yang dimaksud apakah China Development Bank atau yang lainnya. (*)


sumber: antara

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*