Kabar Tak Enak Buat Perokok, Tahun Depan Harga Rokok Naik Lagi

Ilustrasi cukai rokok.

KABARHUKUM-Jakarta | Pemerintah telah menetapkan target penerimaan kepabeanan dan cukai dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2018 sebesar Rp 194,1 triliun.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengatakan, salah satunya yakni dengan menaikan tarif cukai rokok. Seperti yang sudah dilakukan pada tahun ini. Efeknya, harga rokok juga akan ikut naik.

“Terkait cukai, secara reguler memang akan ada kebijakan perubahan tarif rokok, ini karena landasan beberapa faktor,” kata Heru di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Kenaikan tarif cukai rokok juga dilihat dari beberapa masukan dari kelompok yang pro kesehatan, apalagi penerapan cukai dijadikan modal pengendalian konsumsi barang itu sendiri.

“Jadi konsumsi harus diturunkan secara gradual, tarif ini menjadi instrumen,” tambah dia.

Faktor lainnya, lanjut Heru, terkait dengan industri dan turunannya termasuk petani, serta melihat dari pertumbuhan ekonomi dan inflasi. “Secara garis besar ketiga ini yang pengaruhi besaran tarif yang dikeluarkan tiap tahun,” ungkap dia.(*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*