Pantau Konten Medsos, Tim Siber Polri Ada di Seluruh Polda dan Polres

Kapolri Jenderal Tito Karnavian ketika dilantik Presiden Jokowi. (foto: tempo)

KABARHUKUM-KARO | Pemantauan konten medsos terus dilakukan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Untuk itu, Polri telah memiliki tim siber 33 Polda dan 500 Polres di seluruh Indonesia. Hal itu dikatakan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Kabanjahe, pada Kamis (24/8/2017) kemarin.

Menurut Tito, di tingkat Mabes Polri, ada tiga tim yang dibentuk yang berada di Bareskrim, Divisi Humas, dan Intelijen. “Untuk memaksimalkan kimerja tim tersebut, setiap tim dipimpin seorang perwira berpangkat brigadir jenderal,” katanya menjawab wartawan.

Begitu mengetahui materi yang berisi konten negatif, provokatif, dan melanggar UU, tim siber tersebut akan bergerak untuk mengusutnya.

Tito juga mengungkapkan, tim Bareskrim telah menangkap kelompok yang secara sistematis dan setengah profesional sengaja mengunggah konten negatif sesuai pesanan. “Pengungkapan itu membuktikan kemampuan siber Polri jangan dipandang sebelah mata,” katanya.

Karena itu, Tito meminta masyarakat tidak membuat konten provokatif dan melanggar UU karena akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Kapolri juga meminta masyarakat untuk tidak menelan mentah-mentah jika menerima konten negatif dan provokatif melalui media sosial. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*