Berawal Kenalan di Medsos, Wanita ini Ditipu Intel Kodam Gadungan

Hengky, pelaku penipuan yang mengaku Intel Kodam I/BB

KABARHUKUM-Medan | Seorang wanita berinisial SC (23) sedang bernasib malang. Pasalnya wanita yang baru tiga bulan ngekos di Jalan Bunga Trompet II Gang. Barus, Kecamatan Medan Selayang ini ditipu seorang pria mengaku oknum Intel bertugas di Kodam I / BB bernama Hengky yang juga baru dikenalnya lewat media sosial Bigo Live.

Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian jutaan rupiah karena kehilangan notebook dan uang tunai serta telepon seluler (ponsel). “Kami baru saja kenal lewat Bigo Live (Medsos). Awal perkenalan kami hingga sebelum kejadian pencurian itu biasa – biasa saja,” kata korban, Rabu, (6/9/2017).

Dijelaskannya, sejak pertama berkenalan, Hengky mengaku sebagai anggota Intel Kodam I / BB. Oleh sebab itu, korban dan pelaku beberapa kali jalan sama, makan malam, dan lainnya. Namun pada Senin, kemarin ia mengajak korban ke Belawan untuk menjemput mobilnya. “Karena itu, Saya bergegas mandi dan berpakaian. Tapi sehabis mandi, Hengky sudah tidak berada di tempat semula,” jelasnya.

Bingung bukan kepalang, SC menerangkan, ia pun coba memeriksa barang – barang miliknya. “Jadi, pas (sewaktu) habis mandi, Hengky sudah tidak berada di tempat. Lalu aku periksa barang ‘ barang milikku, ternyata sudah raib dibawa kabur oleh Hengky,” terangnya.

Korban yang masih penasaran lalu melakukan penelusuran je sejunlah tempat yang pernah dikunjunginya dengan pelaku. Namun, alangkah terkejutnya ia, dari beberapa lokasi, diperoleh informasi bahwa Hengky adalah oknum TNI yang telah dipecat dan kerap melakukan penipuan dengan modus serupa, yakni memperdaya teman wanita yang dikenalnya lewat media sosial.

Terpisah, Asintel Kodam I/BB Kol Inf Maulana Ridwan dimintai informasi terkait nama Hengky yang mengaku Intel Kodam dan menunjukan foto Hengky yang sedang mengenakan pakaian olah raga TNI, mantan Dandim 0201 BS ini belum bisa memberikan jawaban pasti. “Saya Cek dulu. Kalau dilihat dari gambar itu, satuannya Kodam II di Bandung bukan di Sumut,” tulisnya lewat pesan Aplikasi WhatsApp (*)

 

Laporan: Adek Siahaan

ARTIKEL TERKAIT

Komentar Anda