BM PAN: Sumut Butuh Pemimpin Muda yang Segar dan Enerjik

Sekeretaris DPW BM PAN Sumut M Sabri Fi'in dan Balon Wagubsu H Musa Rajecksyah alias Ijeck.

KABARHUKUM-Medan | Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (DPW BM PAN)Sumut Muhammad Sabri Fi’in SSos MIkom mengatakan, generasi muda harus berperan aktif dalam mengubah peradaban dunia, menjadi tatanan dunia yang lebih baik, yaitu dengan cara khas anak muda yang aktif dengan gayanya sendiri, dengan memberikan sentuhan perubahan-perubahan ke arah lebih baik.

“Siapa bilang pemuda tidak bisa berkarya, tidak bisa membangun bangsa dan tidak bisa memimpin?,” ujarnya, Jum’at (22/9/2017)

Justru menurutnya pemuda mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan bangsa, tercatat tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda yang mewakili dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul dan menyatukan persepsi dan mengeluarkan ‘Sumpah Pemuda’. “Sumpah yang menyatukan seluruh elemen pemuda yang ada di negara ini demi mewujudkan persatuan dan kesatuan yang kuat demi membangun bangsa,” ungkapnya.

Dalam urusan memimpin, lanjutnya, sejarah Indonesia mencatat bahwa pada zaman revolusi kemerdekaan, Jendral Sudirman menghabiskan masa mudanya untuk memimpin pasukan, Soekarno dilantik jadi presiden RI pertama dan tercatat sebagai termuda. Selain itu di luar negeri trend pemimpin muda juga sudah ada sejak lama, dan terbukti mempunyai peran yang bagus dalam membangun negaranya, sebut saja PM Kanada Justin Trudeau, lalu Presiden Amerika Serikat ke 26 Theodore Roosevelt dimana menjabat 2 periode.

Dengan demikian, kata Sabrin, terjunnya anak muda ke dunia politik merupakan sesuatu yang positif, karena karakter orang muda itu sangat khas dengan semangat perubahan.

Jadi, menurutnya anggapan anak muda yang kurang pengalaman sehingga dianggap tidak pantas untukjadi pemimpin sangatlah naif. Pengalaman tidak memandang usia, dan pengalaman bukan hanya kepunyaan orang tua, dan juga keberhasilan bukanlah monopoli kepunyaan orang tua. “Bukankah Soekarno pernah berkata; Seribu orang tua hanya bisa bermimpi, sedangkan satu pemuda dapat mewujudkan mimpi mereka.” ujarnya.

Menurut Sabri, peran pemuda dalam kontek pembangunan daerah sangat relevan dan sejalan dengan semangat desentralisasi, yakni pelimpahan kekuasaan dan wewenang yang lebih luas kepada pemerintah daerah serta membuka kesempatan bagi setiap masyarakat mengisi pembangunan daerah.

Pemuda sebagai elemen penting masyarakat dalam pembangunan daerah, sudah sepatutnya memaknai dan mewarnai setiap kebijakan pembangunan daerah. “Disinilah pentingnya pemuda memposisikan diri dan mengambil peran-peran strategis dalam pembangunan daerah saat ini,” jelasnya.

Sudah waktunya pemuda tidak lagi hanya dalam posisi berpangku tangan atau menunggu inisiasi dari pemerintah daerah untuk bersama-sama berperan mengisi pembangunan daerah. Menginisiasi dan mendorong konsep pembangunan daerah dalam era desentralisasi ini, sangat terbuka bagi pemuda.”Bahkan tampil sebagai pemimpin kepala daerah tentunya bukan sesuatu yang tabu dan bombastis,” tegasnya.

Dalam konteks Pilgubsu 2018, Sabri mengapresiasi munculnya nama tokoh pemuda Musa Rajeckshah atau yang sering disapa sebagai Bang Ijeck ikut meramaikan bursa bakal calon (balon) Gubernur/Wakil Gubernur. “Sudah saatnya yang muda diberi kesempatan memimpin. Bang Ijekc adalah representasi kaum muda pada pilgubsu 2018 nanti,” katanya.

Dalam pilgubsu nanti, kata Sabri, harus ada sosok yang menjadi representasi bagi kaum muda. Tentunya sosok tersebut harus memiliki spirit, visi dan kompetensi yang telah teruji. “Menurut saya sosok itu ada di diri Bang Ijeck,” katanya.

Sabri menilai, banyaknya tantangan dan kompleksitas persoalan yang sekarang melilit Sumut meniscayakan daerah ini kedepan memiliki sosok pemimpin yang militan dan enerjik. “Kita butuh figur pemimpin muda yang segar dan enerjik untuk menyelesaikan pelbagai persoalan dan mampu membawa daerah ini ke arah kemajuan, dan potensi itu ada pada sosok bang Ijeck,” ungkapnya. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*