Peras Warga, 3 Oknum Wartawan dan Polisi Gadungan Ditangkap

Tiga oknum wartawan tersangka pemerasan dan barang bukti.

KABARHUKUM-Medan | Polsek Indra Pura berhasil menangkap lima pelaku pemerasan terhadap Edysetyawan Sinaga (27) warga Dusun III Desa Lias Baru, Indra Pura.

Penangkapan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Indra Pura, AKP Kusnadi, Rabu, (27/9/2017) sekira pukul 04.00 dini hari.

Informasi dihimpun menyebutkan, lima tersangka yang dimaksud terdiri dari dua oknum wartawan Surat Kabar Mingguan (SKM) dan satu oknum polisi gadungan masing – masing, Sutan Simanjuntak (47) warga Jalan Tirta Sari Medan, Tanjo Siregar (47) Jalan Perhubungan Laut Dendang (wartawan), Leo Nardo Silalahi (49) warga Jalan Suka Ria Medan (wartawan), Agus Saragih (36) warga Desa Bandar Tinggi Kecamatan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun dan Jusalim Tanjung (36) warga Jalan Karya II Nomor 8 – A Medan.

Nama terakhir merupakan oknum polisi gadungan. Saat ditangkap, ia mengenakan Pakaian Dinas Harian (PDH).

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari ginting yang dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut. “Benar, para pelaku melakukan pemerasan terhadap korban dan berhasil ditangkap oleh Polsek Indra Pura,” kata Rina.

Dijelaskannya, dalam beraksi para pelaku mengaku sebagai polisi dan menuding korban terlibat narkotika. “Pengakuan korban, ia ditelepon seseorang dan disuruh untuk datang ke Simpang Tiga Lias Baru, Indra Pura. Setibanya di lokasi, korban langsung dianiaya dan dibawa berkeliling menggunakan mobil,” jelas orang nomor satu di Bidang Humas Polda Sumut ini.

Selanjutnya, diungkapkan Rina, korban yang dituding terlibat narkoba itu diperas oleh para pelaku untuk menyerahkan uang sebesar 50 juta rupiah agar yang bersangkutan tidak ditahan. “Karena korban tidak memiliki uang sebanyak itu, dirinya dibawa ke Medan. Namun karena para pelaku sempat berkomunikasi dengan paman korban bernama Gomgom Sinaga, para pelaku kembali membawa korban ke Indra Pura dan berjanji bertemu di SPBU Bandar Tinggi,” ungkap mantan Kapolsek Medan Barat ini.

Setibanya di SPBU tersebut, ditambahkan Rina, para pelaku langsung ditangkap oleh petugas dari Polsek Indra Pura. “Namun hingga saat ini, sepeda motor korban belum ditemukan. Begitupun, pihak kepolisian tengah mencari sepeda motor milik korban,” tambahnya.
Sementara itu, kata Rina, saat ini, para tersangka tengah menjalani pemeriksaan di Polsek Indra Pura. (*)

 

Laporan: Adek Siahaan

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*