Hanafi Rais: Kita Butuh Klarifikasi dari KPK

Ahmad Hanafi Rais, Wakil Ketua Komisi I DPR-RI (Foto:kabarhukum.com)

KABARHUKUM-Lubuk Pakam |Wakil Ketua Komisi I DPR-RI Ahmad Hanafi Rais mengatakan, perpanjangan masa kerja Pansus KPK semata-mata dilakukan untuk merampungkan dan menyempurnakan tugas dari pansus tersebut.

Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, sejauh ini pihaknya sudah memiliki banyak informasi dari berbagai narasumber yang hadir DPR RI ketika RDP maupun kerja Pansus yang menguji sejumlah tempat-tempat yang selama ini dianggap bermasalah. “Tapi belum komplit rasanya kalau KPK tidak hadir dalam RDP yang diadakan oleh Pansus. Pada hal kita sangat butuh klarifikasi dari KPK, ” ujarnya di sela acara Apel Akbar Nasional KOKAM Pemuda Muhammadiyah di Alun-alun Pemkab Deliserdang, Jumat (6/10.

Dari itu, lanjut Hanafi, supaya sempurna waktu perpanjangan ini dan tidak dianggap bahwa Pansus itu subjektif, maka ia menyarankan sebaiknya ini dapat dimanfaatkan oleh KPK untuk memenuhi undangan Pansus. “Nanti KPK bisa menyampaikan apa saja secara objektif, sehingga setelah itu rekomendasi tentunya bisa dikeluarkan,” sebutnya.

Hanifi juga mengungkapkan, bahwa tidak ada pretensi apapun terkait keberadaan Pansus KPK. Menurutnya, apa yang menjadi keinginan DPR kepada KPK patokannya adalah Undang-undang, yakni UU Tipikior yang di dalamnya telah memuat segala macam peraturan menyangkut KPK, mulai dari tata kelola anggaran, tata kelola pemeriksaan dan penegakan hukum lainnya. “Itu saja dipatuhi. Selama ini kan tidak ada kesempatan untuk mengoreksi. Nah, Pansus ini dihadirkan untuk mengembalikan KPK ke rel sebenarnya sesuai kontek UU, sehingga kemudian tidak disalahtafsirkan pihak lain,” tegasnya. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*