Duh, Cacing Pita Terpanjang di Dunia Ditemukan di Simalungun

KABARHUKUM -Simalungun | Cacing pita berjenis Taeniasis yang panjangnya hingga 2,86 meter berhasil dikeluarkan dari perut warga Desa Negeri Dolok, Kecamatan Silau Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Temuan yang dilakukan Tim Peneliti Fakultas Kedokteran UISU ini merupakan penemuan cacing pita terpanjang di dunia, karena temuan terakhir dari Negara Bangladesh sepanjang 1,5 meter.

Ketua Tim Peneliti Fakultas Kedokteran UISU, dr Umar Zein usai mengatakan penemuan ini bermula dari keluhan seorang pasien yang merasakan sakit perut yang dilanjutkan dengan pemeriksaan intensif dengan mendatangi tempat tinggal pasien. Fakta dikawasan tersebut ditemukan, tidak hanya seorang saja yang mengeluhkan sakit akan tetapi ada puluhan orang.

Selain perut sakit, warga juga selalu merasakan lemas sehingga setelah ditanya dan dijawab dapat dipastikan mereka menderita sakit karena virus cacingan dalam akibat mengkomsumsi daging tidak dimasak yang berasal dari Babi.

Selanjutnya mereka diberi obat Praziquantel jenis kapsul, dan tak lama setelah itu keluar cacing dari anus sepanjang 2,8 meter. Atas penemuan ini,dr Umar zein berharap agar menjadi perhatian semua pihak untuk penyediaan obatnya karebna adanya hanya di Bangkok Thailand.

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*