PKKMB UMSU 2018

Gubsu Beri Motivasi kepada 3753 Mahasiswa Baru UMSU

KABARHUKUM-Medan | Sebanyak 3753 mahasiswa baru mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (PKKMB UMSU) Tahun Ajaran 2018/2019. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Letjen (Pur) Edy Rahmayadi.

Rektor UMSU Dr Agussani MAP dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa baru UMSU. “Saya ucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru UMSU yang telah menjatuhkan pilihannya melanjutkan studi di kampus ini. Ikutilah acara pengenalan kampus ini dengan sebaik-baiknya” ujarnya Senin (17/9/2018).

Kemudian ia menjelaskan, bahwa sesuai dengan quota penerimaan mahasiswa baru UMSU tahun 2018 yang telah disusun berjumlah 3500 orang, maka alhamdulillah target itu tercapai. Namun, katanya, untuk mengakomodir keinginan masyarakat Sumut dan luar Sumut yang ingin kuliah di UMSU, maka tahun ini UMSU memutuskan untuk menerima mahasiswa baru sebanyak lebihkurang 3800 orang.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa mahasiswa baru UMSU yang hadir pada acara PKKMB ini adalah merupakan sebaran dari mahasiswa nusantara, mulai dari pulau Jawa, Kalimantan dan Papua. “Bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri, yakni dari Singapura dan Thailand yang merupakan wujud dari tindaklanjut kerjasama UMSU dengan sejumlah Perguruan Tinggi di luar negeri,” katanya.

Agussani juga menyampaikan, saat ini UMSU berada di peringkat satu dari 281 PTS yang ada di Sumut. Kemudian di level nasional, dari 4620 PTN dan PTS, UMSU berada ditingkat 137.

Dari 31 Program Studi yang dikelola UMSU, sebanyak 8 prodi sudah meraih peringkat akreditasi A dari BNPT. “Untuk institusi, sekarang kita lagi fokus mempersiapkan reakreditasi dari B menjadi A. Mudah-mudahan berkat kerjakeras dan do’a kita bersama, pada bulan November tahun ini hal itu akan bisa wujudkan. Dan kalu itu tercapai, maka UMSU merupakan satu-satunya PTS di Sumut yang meraih akreditasi A untuk institusi,” sebutnya.

Kepada Gubsu Edi Rahmayadi, Agussani menyampaikan apresiasinya. Ia menuturkan, mulai dari  menjadi Pangdam I Bukit Barisan, Pangkostrad dan sekarang baru dilantik sebagai Gubernur Sumut, pak Edy selalu menyempatkan hadir di UMSU. “Itu menandakan begitu kecintaannya kepada Muhammadiyah dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,” sebutnya.

Sebagai pemimpin perguruan tinggi di Sumut, Agussani  menegaskan kesiapannya untuk mendukung visi dan misi bapak Gubernur dalam rangka memajukan Sumatera Utara yang Bermartabat. “Kedepan kita siap mendukung program-program strategis pak Gubernur dalam rangka memimpin Sumut yang bermartabat. Saya optimis, jika Pemprovsu bisa bersinergi dengan perguruan tinggi, maka akselarasi pembangunan Sumut akan berjalan dengan baik,” tegasnya.

Sementara itu, dalam presentasinya, Gubsu Edy Rahmayadi memaparkan banyak hal terkait motivasi bagaimana menjadi mahasiswa yang baik dan berprestasi. Ia mengungkapkan, bahwa jumlah sekolah di Sumut sebanyak 1944 sekolah dengan total  jumlah siswanya sebanyak 611.345 orang. Dan setiap tahun Sumut meluluskan siswanya itu kuranglebih 235 ribu siswa.

Dari jumlah siswa yang lulus tersebut, lanjutnya, faktanya tidak banyak yang bisa melanjutkan sekolah sampai ke perguruan tinggi. “Jadi bersyukurlah kepada Allah SWT, karena kalian bernasib baik masih bisa melanjutkan studi sampai kuliah di perguruan tinggi seperti saat ini, “ katanya.

Selanjutnya, ia menyampaikan, bahwa peran mahasiswa itu sangat strategis bagi sebuah daerah. Dikatakannya, dipundak mahasiswalah masa depan daerah ini. “Maka dari itu, tuntutlaah ilmu dengan penuh semangat, raihlah cita-cita kalian demi membesarkan Sumut yg kita cintai ini,” harapnya.

Acara PKKMB UMSU dijadwalkan akan dilaksanakan selama dua hari (17-18/9/2018). Kemudian pada tanggal 20-21 September akan dilanjutkan dengan kegiatan Masa Ta’aruf Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (Masta IMM) yang wajib dikiti oleh semua mahasiswa baru UMSU. (*)

ARTIKEL TERKAIT