Muhammadiyah Sumut Minta Polisi Lebih Profesional Menangani Aksi Unjuk Rasa

Suasana jelang terjadinya kerusuhan di depan gedung DPRD Sumut Jl. Imam Bonjol Medan, Kamis (20/9/2018)

KABARHUKUM-Medan | Majlis Hukum dan HAM Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara (MHH PWM Sumut) menyayangkan terjadinya tindak kekerasan dalam penanganan aksi demonstrasi mahasiswa di depan Gedung DPRD Sumut kemarin, Kamis (20/9/2018). Akibat insiden tersebut puluhan mahasiswa jadi korban, diantaranya ada yang luka-luka, babak-belur dan pingsan.

Karenanya, MHH PWM Sumut meminta Kapolda Sumut untuk segera mengevaluasi kinerja anggotanya di lapang, khususnya terkait dengan penangan akasi tersebut. “Ya, kita sangat prihatin. Makanya kita minta Kapolda bersikap adil dan terbuka dalam menyikapi insiden tersebut. Kalau memang ada oknum anggotanya yang terbukti melakukan tindakan kekerasaan dan melanggar SOP, maka segera tindak,” ujar Faisal SH MHum, Ketua MHH PWM Sumut, Jum’at (21/9/2018).

Menurut Faisal, persoalan ini sangat serius dan sensitif. Bahkan, kata Faisal, jika tidak disikapi secara bijak, bukan tidak mungkin implikasi dari insiden akan melahirkan preseden buruk bagi kepolisian.  “Kalau perlu Kapldasu harus mengusut insiden ini secara tuntas dan kemudian hasilnya dipublis secara terbuka ke publik. Ini penting, karena disini kredibilitas institusi kepolisian jadi taruhannya,” tegasnya.

Faisal mengatakan, pihaknya tidak ingin kejadian serupa nantinya akan terulang lagi. Terlebih menjelang agenda Pilpres 2019, dimana ia memprediksi atmosfir politik akan kian memanas dan potensi konflik akan sangat mungkin cenderung meningkat.

“Kita ingin aparat kita bisa tampil lebih profesional  dalam menjalankan tugasnya, termasuk dalam menangani aksi unjukrasa. Dan kita akan mendukung hal itu,” kata Wakil Dekan I Fakultas Hukum UMSU ini.

Lebih lanjut Faisal mengungkapkan, bahwa pihaknya akan terus memantau perkembangan insiden tersebut. “Bahkan,  kita berencana akan segera membentuk tim advokasi untuk mendampingi para korban guna memastikan tegaknya keadilan hukum terkait insiden ini,” pungkasnya. (*)


Tonton video terkait:

Demo Mahasiswa Pro dan Kontra Jokowi Terlibat Bentrok, Polisi Ancam Tembak!

 

 

 

 

ARTIKEL TERKAIT