ISB: Kontribusi Muhammadiyah kepada Bangsa ini Sangat Besar

Ibrahim Sakty Batubara

KABARHUKUM-Lubuk Pakam | Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara (PWM Sumut) Drs Ibrahim Sakty Batubara MAP (ISB)  mengatakan, bahwa tidak ada yang bisa meragukan besarnya  kontribusi Muhammadiyah terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Menurut Caleg  DPR RI No 2 Dapil Sumut 1 dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini, sepanjang perjalanan republik ini, mulai pra kemerdekaan, merebut kemerdekaan hingga mengisi kemerdekaan,   adalah fakta yang tidak terbantahkan, bahwa sumbangsih Muhammadiyah kepada bangsa ini sangat luar biasa.

“Jadi, kalau masih ada yang meragukan nasionalisme warga Muhammadiyah terhadap bangsa ini, tentunya itu sebuah kekeliruan  dan tak paham sejarah,” ujarnya ISB saat memeberikan sambutan pada acara Milad Muhammadiyah ke-106 PDM Deliserdang di Masjid Taqwa Muhammadiyah Lubuk Pakam, Ahad (23/12/2018)

Ratusan warga Muhammadiyah deliserdang meramaikan Milad Muhammadiyah ke-106 di Masjid Taqwa Muhammadiyah Lubuk Pakam, Ahad (23/12/2018)

Sebagai bukti kontribusi Muhammadiyah buat negeri ini, ISB mengungkapkan fakta dan data tentang banyaknya tokoh dan kader Muhammadiyah yang  dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional. Ia membeberkan sejumlah nama, mulai dari pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan dan istrinya Siti Walidah, serta sejumlah tokoh lain, seperti Jenderal Besar Sudirman, KH Mas Mansur, Kasman Singodimejo, Ki Bagus Hadikusomo, Ir Juanda dan lain-lain.

“Setidaknya saya mencatat, ada 12 kader dan tokoh Muhammadiyah yang sudah dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional,”  sebutnya.

Dalam usianya yang sudah lebih dari satu abad, yakni 106 tahun, ISB mengajak warga Muhammadiyah Deliserdang terus menguatkan ukhuwah-Islamiyah dan pro-aktif memajukan bangsa, khususnya dalam memajukan kabupaten Deliserdang.

“Ta’awun untuk Negeri yang menjadi tema Milad kita saat ini tentunya sangat tepat untuk kita implementasikan dalam aktivitas kehidupan  sosial warga Muhammadiyah sehari-hari,” kata ISB.

Hadir dalam acara Milad ini Wakil Ketua Majelis Tablig PP Muhammadiyah  Buya Risman Muchtar, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumatera Utara Dr Abdul Hakim Siagian SH MHum, Ketua Muhammadiyah Deliserdang H Ibnu Hajar, PW Pemuda Muhammadiyah Sumut Basir Hasibuan, Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Deliserdang Bayu Sumantri Agung dan ratusan warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Deliserdang.

Bagi berita: