Definisi Hak Asasi Manusia Menurut PBB

Punishment aboard a slave ship, 1792. Dipublikasikan di London, 10 April 1792. (Library of Congress, Prints and Photographs Division, British Cartoon Collection, LC-USZ62–6204).
[sumber foto: medium.com]

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, Hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada semua manusia, tanpa memandang ras, jenis kelamin, kebangsaan, suku, bahasa, agama, atau status lainnya. Hak asasi manusia meliputi hak untuk hidup dan kebebasan, kebebasan dari perbudakan dan penyiksaan, kebebasan berpendapat dan berekspresi, hak untuk bekerja dan pendidikan, dan banyak lagi. Setiap orang berhak atas hak-hak ini, tanpa diskriminasi.

Hukum Hak Asasi Manusia Internasional
Hukum hak asasi manusia internasional menetapkan kewajiban pemerintah untuk bertindak dengan cara tertentu atau untuk menahan diri dari tindakan tertentu, untuk mempromosikan dan melindungi hak asasi manusia dan kebebasan mendasar individu atau kelompok.




Salah satu prestasi besar Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah penciptaan badan hukum HAM yang komprehensif — sebuah kode universal dan dilindungi secara internasional yang dapat digunakan oleh semua negara dan semua orang yang bercita-cita. PBB telah menetapkan berbagai hak yang diterima secara internasional, termasuk hak sipil, budaya, ekonomi, politik dan sosial. Hal ini juga telah membentuk mekanisme untuk mempromosikan dan melindungi hak-hak tersebut dan untuk membantu negara dalam melaksanakan tanggung jawab mereka.

Fondasi badan hukum ini adalah Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, yang diadopsi oleh Majelis Umum PBB, masing-masing pada tahun 1945 dan 1948. Sejak saat itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa secara bertahap memperluas hukum hak asasi manusia untuk mencakup standar khusus untuk perempuan, anak-anak, penyandang cacat, minoritas dan kelompok rentan lainnya, yang sekarang memiliki hak yang melindungi mereka dari diskriminasi yang telah lama menjadi umum di banyak masyarakat.


sumber: PBB

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*