Gaduh, Menpora Cabut Imbauan Putar Lagu Indonesia Raya di Bioskop

Bioskop [foto: ilustrasi/net]

KABARHUKUM-Jakarta | Lagu Indonesia Raya tak jadi diputar sebelum penayangan film di seluruh bioskop Indonesia. Pasalnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, sudah mencabut surat imbauan tersebut. Imbauan itu ditengarai menimbulkan resistensi dan kegaduhan di tengah masyarakat.

Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan pada Jumat (1/2/2019), surat itu resmi dicabut karena adanya resistensi yang tinggi. Kemenpora kemudian meminta maaf karena sudah membuat kegaduhan atas imbauan yang kemudian menjadi polemik.




“Surat himbauan tentang menyanyikan lagu Indonesia Raya di setiap jelang pemutaran film di bioskop sudah dicabut. Hal itu atas dasar berbagai pertimbangan dan juga karena resistensi dan kegaduhannya yang sangat tinggi. Mohon maaf,” kata Gatot lewat keterangan tertulis, pada Jumat (1/2/2019) seperti dilansir dari CNNIndonesia.

Menpora Imam Nahrawi sendiri akan menggelar konferensi pers terkait kegaduhan atas surat imbauan menyanyikan lagu kebangsaan tersebut di kantornya Jumat (1/2/2019) siang ini.

Sebelumnya, surat imbauan dari menteri itu dibuat dalam kop resmi Menpora dan ditandatangani pada 30 Januari 2019. Surat itu pun ditembuskan ke Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), dan Kepala Badan ekonomi Kreatif (Bekraf).

Surat imbauan bernomor 1.30.1/Menpora/I/2019 itu berisi tentang aktivitas menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pemutaran film. Surat itu ditujukan kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia. Di antara tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*