Penderita DBD Terbanyak di Sumut Ada di Medan, 13 Meninggal

Sosialisasi penanggulangan DBD. [foto: merdeka]

KABARHUKUM-Medan | Warga Kota Medan mesti waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya,
penderita DBB terbanyak di Sumatera Utara, berasal dari Kota Medan yaitu sebanyak 1.490 orang dan 13 di antaranya meninggal dunia. Menyusul Deliserdang sebanyak 987 penderita namun tidak ada yang meninggal. Total, dari data kasus DBD di Sumatera Utara selama 2018 ditemukan sebanyak 5.713 penderita, 25 di antaranya meninggal dunia.

Sekretaris Dinkes Sumut, Ridesman, mengatakan Kota Medan memang endemis DBD. Hal ini terkait dengan pengelolaan kesehatan lingkungan yang belum optimal, di samping perilaku masyarakat dalam pencegahan DBD masih perlu ditingkatkan.




Dikatakannya, setelah Kota Medan, Kabupaten Deliserdang menempati urutan kedua dan ketiga Kabupaten Langkat. Tentunya karena dua daerah ini bersebelahan sehingga memudahkan terjadinya penyebaran penyakit ini.

“Karenanya saya menyarankan masyarakat bersama-sama dengan pemda harus seiring sejalan dalam memperbaiki faktor lingkungan, termasuk penguatan pada aspek regulasi dan penegakan sanksinya,” katanya pada Jumat (1/2/2019).

Menurutnya, penanganan masalah DBD bukan semata masalah kesehatan. Jadi harus kolaborasi semua stakeholder dalam penanggulangannya. (*)


Laporan: Ali Sinaga

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*