Said Didu: Penyebab Utama Kenaikan Harga Tiket Pesawat Karena Melemahnya Rupiah

Muhammad Said Didu.

KABARHUKUM | Pengamat Kebijakan Publik Muhammad Said Didu mengatakan penyebab utama kenaikan harga tiket pesawat karena melemahnya rupiah.

Said Didu mengungkapkan hal tersebut melalui cuitan di akun Twitternya @saididu pada pukul WIB, Selasa (12/2/2019).




Berikut isi cuitan yang disampaikan Sain Didu:

 

“Kenaikan harga tiket dipengaruhi oleh : 1) sewa/harga pesawat, 2) harga avtur, 3) maintenance, 4) biaya bandara, 5) gaji awak pswt dan manajemen, 6) makanan. Poin 1, 2, 3, dan 4 dihitung dg dollar. Jadi kenaikan tiket penyebab utamanya saya yakin krn melemahnya rupiah”

 

Sementara itu, beberapa hari yang lalu, Presiden  Jokowi mengaku kaget saat mengetahui harga tiket penerbangan nasional mengalami kenaikan signifikan.

“Berkaitan dengan harga tiket pesawat, saya terus terang kaget,” katanya saat menghadiri Gala Dinner PHRI di Hotel Sahid Jakarta, Senin 11 Februari 2019.

Mahalnya harga tiket maskapai nasional ini dikarenakan harga avtur yang dijual Pertamina lebih mahal dari harga internasional. Jokowi mengatakan, harga avtur nasional 30 persen lebih mahal dari harga Internasional.

“Karena monopoli, harga jadi tidak kompetitif, bandingkan harga avtur di situ dengan yang di dekat-dekat lain, terpaut kurang lebih 30-an persen,” ujarnya. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*