FK UMSU Turut Meriahkan ‘UMSU EXPO 2019’

KABARHUKUM-Medan | Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (FK UMSU) turut serta  memeriahkan UMSU Expo 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 Februari 2019 di kampus Utama UMSU Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan. UMSU expo ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan milad UMSU yang ke-62 tahun. Bersamaan dengan kegiatan ini dilaksanakan pula visitasi lapangan akreditasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

UMSU expo ini dilaksanakan sejak pagi sampai dengan sore hari. Pada kesempatan ini, FK UMSU memperoleh lokasi stand yang cukup strategis dan cukup luas, yakni 2 meja stan.  Pada expo kali ini, FK menampilkan peralatan keterampilan klinis kedokteran, modul ajar kedokteran, bukti-bukti prestasi kegiatan mahasiswa, hak kekayaan intelektual (HAKI) yang telah diperoleh FK UMSU serta pemeriksaan serta edukasi kesehatan.

Peralatan keterampilan klinis kedokteranyang ditampilkan adalah peralatan yang sangat modern dan canggih antara lain manikin bayi yang dapat digunakan untuk memeriksa denyut nadi, suara jantung, bising usus, pernafasan dan suhu tubuh.

Selain itu ditampilkan pula manikin ibu hamil yang dapat dipergunakan untuk memeriksa denyut jantung janin (DJJ), dan pemeriksaan kehamilan. Adapula sepeda statis yang dapat mengukur besaran kalori yang dipergunakan, denyut jantung dan pernafasan penggunanya.

Bukan Cuma itu, adapula manikin untuk pemasangan infus dan pengambilan sampel darah serta manikin bantuan hidup dasar (BHD) tubuh manusia utuh yang dilengkapi dengan indikator capaian otomatis.

Modul ajar kedokteran yang ditampilkan antara lain modul ajar kedokteran Islam dan modul ajar Keluarga Binaan Kesehatan serta modul ajar fisiologi kedokteran yang telah memperoleh hak kekayaan intelektual (HAKI) dari Kementrian Hukum dan HAM RI.

Sedangkan prestasi mahasiswa yang ditampilkan antara lain piala dan sertifikat yang diperoleh oleh mahasiswa dan dosen baik di tingkat nasional maupun internasional.

Tidak lupa pula tersedia layanan pemeriksaan serta edukasi kesehatan dilakukan berupa pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan berat badan dan status gizi serta konsultasi kesehatan yang melibatkan Tim Bantuan Medis (TBM) FK UMSU.

Ribuan orang hadir mengunjungi stan FK UMSU ini, antara lain bapak Rektor UMSU, bapak Walikota Siantar Hefriansyah Noor S.E. M.M,  para dosen se UMSU dan mahasiswa se UMSU serta tenaga kependidikan dan penunjang se-UMSU.

Dalam kunjungannya, Walikota Siantar yang merupakan alumni UMSU ini, menyampaikan apresiasinya atas kemajuan yang berhasil di capai oleh FK UMSU. Beliau juga berkenan mengambil foto bersama Rektor UMSU, Dekan FK UMSU, wakil dekan 3 FK UMSU serta mahasiswa TBM FK UMSU di depan stand FK UMSU. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*