Wujudkan Peradilan Bersih, KY Bersinergi dengan Media Massa

KABARHUKUM-Medan | Komisi Yudisial (KY) menggelar workshop dan diskusi Sinergisitas KY dengan Media Massa dengan tema “Peran Media Massa dalam Mewujudkan Peradilan Bersih” di Hotel Santika Dyandra Medan,  Rabu (13/3/2019).

Acara ini menghadirkan sejumlah pembicara, seperti Juru Bicara KY Farid Wajdi, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo dan Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan dan  diikuti puluhan jurnalis dari pelbagai media (cetak, elektronik dan oline) di kota Medan.

Roejito, Kepala Pusat Analisis dan Layanan Informasi KY saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara ini  mengatakan,  bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara KY dengan media massa dalam rangka membangun peradilan yang bersih.




Menurutnya,  media massa memiliki peranan penting dalam menopang proses demokrasi. Apalagi, pers merupakan pilar keempat demokrasi dan memiliki peran penting dalam mencerdaskan bangsa. “Bahkan, media massa dapat membantu KY dalam mengawasi perilaku hakim. Lebih jauh, media massa juga dapat ikut mengontrol dan berpengaruh dalam kekuasaan kehakiman,” ujarnya.

Sesuai amanat Konstitusi, sambungnya, KY berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim. Oleh karena itu, melalui pemberitaannya, media massa diharapkan dapat membantu KY menyampaikan apa yang dilakukan oleh KY kepada masyarakat dan stakeholder lainnya.

“Melalui forum ini diharapkan para jurnalis memiliki pemahaman yang utuh dan komprehensif tentang KY, serta mendorong penyajian pemberitaan kasus hukum dan peradilan yang sesuai hukum, kode etik jurnalistik, dan etika,” tutupnya. (*)


Laporan: M.R. Sihaloho

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*