Calon DPD ini Ingin Jadi Agen Perubahan Buat Sumut

Calon DPD RI Abdul Hakim Siagian bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

KABARHUKUM-Medan | Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Sumatera Utara, Abdul Hakim Siagian (AHS) mengatakan, jika nanti diamanahkah jadi senator mewakili Sumut di Senayan, ia akan berupaya agar DPD menjadi agen perubahan di daerahnya dengan berani turun untuk memantau aneka kebutuhan, memetakannya, dan merumuskannya menjadi sebuah usulan untuk dibahas di rapat paripurna DPD.

“Sebagai wakil daerah, DPD tidak cukup hanya mengusulkan. DPD harus bisa menjamin bahwa kepentingan daerah yang diwakilinya diakomodasi dan berhasil menjadi sebuah produk kebijakan. DPD harus berjuang untuk menjadi pemain utama, bukan hanya pada bidang pengawasan, tetapi juga di bidang legislasi,” katanya, di Medan, Rabu (30/3/2019).




Menurut Calon DPD yang mengusung tagline “Sumut Cerdas, Adil dan Bermartabat” ini,  persoalan Provinsi Sumut memang tidak jauh berbeda dengan propinsi lain. Namun nantinya sebagai perwakilan daerah, AHS nanti akan fokus dibidang pendidikan yang sampai saat ini masih jauh dari amanat kontitusi. Misalnya, tentang nasib guru-guru yang masih mengalami berbagai banyak masalah dan ketidakpastian, termasuk juga murid dan menyangkut anggaran biaya.

Dikatakannya, bahwa adalah fakta yang tidak terbantahkan, kualitas dunia pendidikan di Indonesia masih rendah, belum lagi persoalan pengangguran yang tidak kunjung  bisa diatasi. Nasib guru masih memprihatinkan, bahkan masih banyak dari mereka yang belum dapat haknya secara layak.

“Padahal fungsi negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Ada perintah konstitusi UUD 1945 yang menyatakan sekurang-kurangnya 20% APBN dan APBD untuk pendidikan. Kalau ini ditegaskan, maka harusnya ada Rp 500 triliun yang APBN untuk pendidikan mulai dari pembangunan infrastruktur, kebutuhan dan termasuk membebaskan siswa dari kewajiban membayar biaya pendidikan,” ungkap Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumut ini. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*