UMSU Jadi PTS Kedua di Luar Pulau Jawa yang Berhasil Raih Akreditasi A

Dr. Agussani MAP, Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

KABARHUKUM-Jakarta | Satu lagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) berhasil meraih akreditasi institusi A dengan meraih nilai 366 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), yakni Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Dengan perolehan itu, maka UMSU menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) kedua di luar pulau Jawa yang berhasil meraih akreditasi A, setelah UMI (Universitas Muslim Indonesia) Makassar.




Muhammad Sayuti, Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah mengatakan, capaian ini merupakan prestasi luar biasa, karena antara Majelis Dikti dan UMSU sangat kompak.

“Di bawah Pimpinan Pak Rektor Agussani, UMSU memiliki kemampuan yang kuat, karena dalam penilaian APT (Akreditasi Perguruan Tinggi), rektor memiliki pengaruh yang besar, termasuk memimpin perubahan,” tutur Sayuti dikutip dari muhammadiyah.or.id, Selasa (19/3).

Ia juga menjelaskan bahwa penilaian dari APT tidak hanya berpaku pada borang, namun juga leadership. Untuk itu, Sayuti berharap PTM lainnya dapat mengikuti jejak UMSU.

“Salah satu kunci besarnya yakni masing-masing PTM harus memperbaiki tata kelola, jika tata kelolanya baik, perolehan akreditasi tersebut akan mampu dipacu. Selain itu, PTM juga harus mewujudkan good university government,” jelas Sayuti.

Majelis Dikti juga tengah mempersiapkan PTM lain agar memperoleh capaian yang sama. Untuk meraih akreditas institusi A, Majelis Dikti mendorong PTM untuk meningkatkan akreditasi prodi terlebih dahulu.

“Inshaallah majelis Dikti akan terus berusaha mendampingi PTM-PTM, harus ada spirit dari internal juga untuk memperbaiki diri, dan juga meningkatkan publikasi internasional,” pungkas Sayuti.

Sekadar diketahui, PTM yang telah terakreditasi A antara lain, UMY, UMM, UMS, UHAMKA, dan UAD.

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*