Pelindo 1 Hadirkan 2 STS Crane Baru di TPKDB, Domestik Berfasilitas Internasional

KABARHUKUM – Medan| PT Pelabuhan Indonesia I atau Pelindo 1 mendatangkan 2 unit Ship-to-Shore (STS) Crane baru di Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB). Peralatan ini didatangkan guna meningkatkan kecepatan pelayanan bongkar muat, mengingat semakin meningkatnya minat pengguna jasa layanan bongkar muat di TPKDB.

General Manager TPKDB Indra Pamulihan mengungkapkan, STS Crane ini sandar di Dermaga TPKDB pada Sabtu, 30 Maret 2019 diangkut dari Pelabuhan Oita menggunakan kapal Tugboat “Salvage Ace” dan Barge “Tenma”.




“2 Unit Ship To Shore (STS) Crane ini merupakan produksi Mitsui E&S Machinery Co Ltd asal Jepang. Pelindo 1 mendatangkan 2 unit STS Crane ini untuk semakin meningkatkan kecepatan proses pelayanan bongkar muat di TPKDB,” ungkap Indra, Senin (1/4/2019).

Lanjut Indra, TPKDB mengalami peningkatan produktivitas bongkar muat yang sangat signifikan beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2018, pihaknya berhasil mencatat troughput yang mencapai lebih dari setengah juta TEUs.

“Dengan hadirnya 2 unit STS Crane baru ini, kami berharap dapat semakin meningkatkan produktivitas TPKDB lebih tinggi lagi di tahun ini sehingga meningkatkan volume barang di TPKDB dan semakin meningkatkan perekonomian wilayah khususnya Sumatera Utara,” jelas Indra Pamulihan.

Vice President Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami pada kesempatan itu menerangkan, Pelindo 1 terus melakukan transformasi dengan mendatangkan fasilitas kepelabuhan yang bertaraf Internasional guna menciptakan terminal yang ramah lingkungan dan aktivitas bongkar muat yang efektif dan efisien.

Selain mendatangkan 2 unit STS Crane, lanjut Fiona, sebelumnya Pelindo 1 juga mendatangkan 4 unit alat bongkar muat peti kemas Rubber Tyred Gantry (RTG) di Terminal Peti Kemas Domestik Belawan guna mendukung percepatan proses bongkar muat. Saat ini TPKDB memiliki berbagai fasilitas bongkar muat di terminalnya, diantaranya: 20 unit Terminal Tractor, 9 unit Rubber Tyred Gantry (RTG), 4 unit Mobile Harbour Crane, 6 unit Container/Ship-to-Shore Crane, 7 unit Reachstacker, 2 unit Sideloader, dan 1 unit Forklift.

Diterangkan Fiona, TPKDB merupakan salah satu cabang Pelindo 1 yang mengelola kegiatan bongkar muat peti kemas domestik antarpulau, yang traffic-nya terus mengalami peningkatan positif setiap tahunnya Pada tahun 2018 troughput peti kemas domestik yang dikelola TPKDB mencapai 503,951 TEUs, meningkat signifikan dari 476,112 TEUs yang dicapai pada tahun 2017, dengan produktivitas mencapai 37 box/ship/hour, di atas target yang ditetapkan Dirjen Perhubungan Laut sejumlah 32 b/s/h.

“Dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, jajaran manajemen Pelindo 1 terus berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa.. Pelayanan optimal tersebut salah satunya disajikan dengan memperkuat fasilitas bongkar muat yang serba canggih dan terbaru sehingga peningkatan produktivitas untuk memperlancar arus logistik nasional,“ tutup Fiona Sari Utami.(*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*