Dua Dosen FK UMSU Presentasi Karya Ilmiah di Universitas Goethe Jerman

Delegasi UMSU dari kiri ke kanan (dr. Elman boy, DR. Rudianto, dr. Eka Airlangga, DR. Agussani, DR. Arifin Gultom, Prof. Khairil Ansari, DR. Syaiful Bahri)

KABARHUKUM | Dua orang dosen Fakultas kedokteran Universitas muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mempresentasikan hasil karya tulis ilmiah di Kampus Westend Universiti Goethe Frankfurt, Jerman.

Kehadiran dosen FK UMSU di Jerman ini dalam rangka memenuhi undangan Seminar Antar Bangsa Pendidikan Bahasa, Sastera dan Budaya Melayu ke-II (SAPBaSBuM 2 2019) yang diselenggarakan oleh Jabatan Pendidikan Bahasa dan Kemanusiaan, Fakulti Pengajian Pendidikan, Universiti Putra Malaysia, Serdang Selangor.

dr. Elman Boy, M. Kes dan dr. Eka Airlangga, Sp.A

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yakni pada Senin dan Selasa tanggal25 – 26 Maret 2019. Undangan ini diterima oleh 7 orang delegasi UMSU, dua diantaranya dari FK UMSU, yaitu dr. Elman Boy, M. Kes, FIS-PH, FIS-CM (Wakil Dekan III FK UMSU) dan dr. Eka Airlangga, Sp.A, (Dosen FK dan Kepala Lembaga Kantor Urusan Internasional UMSU). Tulisan karya ilmiah kedua dosen FK UMSU ini telah diterima secara penuh oleh panitia.

Dalam kesempatan tersebut dr. Elman menyampaikan karya ilmiahnya yang berjudul “Betagas Budaya Melayu Bagi penjagaan Kesihatan Wanita” . Sedangkan dr Eka mengangkat judul “Berbicara dan Berbahasa Pada Anak, Bahasa Pertama dan Bahasa kedua Dalam Konteks Penggunaan Bahasa Melayu dan Indonesia”.

Perhelatan akbar budaya melayu dunia ini diikuti berbagai negara antarara lain Indonesia, Malaysia, Brunai Darussalam, Singapura, Thailand, Jerman, dan China dengan jumlah peserta lebih dari 120 orang.

Adapun tujuan seminar internasional budaya melayu ini adalah untuk menjadikan bahasa melayu sebagai bahasa internasional. Kata sambutan telah disampaikan oleh Prof. Madya Dr. Abdul Rasid bin Jamian (Ketua, Jabatan Pendidikan Bahasa dan Kemanusiaan, Fakulti Pengajian Pendidikan, Universiti Putra Malaysia), Prof. Dr. Arndt Graf (Chair, Dept. of Southeast Asian Studies, Goethe-University of Frankfurt, Germany), dan dibuka secara resmi oleh Dr. Agussani, M.AP, Rektor UMSU, Indonesia.

Pada acara seminar sebagai pembicara kunci adalah Prof. Dr. Arndt Graf dengan judul “Memartabatkan Bahasa Melayu di Asia Tenggara” dan Dr. Syaiful Bahri, M.AP (Direktur Pascasarjana UMSU) dengan judul “Penguatan Bahasa Melayu/Indonesia dalam Komumikasi Bisnis”.

Foto bersama seluruh peserta SAPBaSBuM 2 2019 di Frankfurt Jerman

Seminar yang digagas bersama oleh Universiti Putra Malaysia, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Institut Pendidikan Guru Kampus Ipoh, Universiti Goethe Frankfurt Jerman serta Dewan Bahasa dan Pustaka ini merupakan strategi dan wadah bersama untuk pelestarian ilmu berasaskan kajian dan penelitian. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*