Wow…Sumut Akan Bangun “Sport-Centre” Termegah di Asia

KABARHUKUM-Medan | Tidak lama lagi, mimpi masyarakat Sumatera Utara memiliki Sport Centre (pusat olahraga) di Sumatera Utara sepertinya akan segera terealisasi. Saat ini pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumut sedang melakukan proses pengadaan lahan.

Rencananya, lahan seluas 300 hektare lahan yang akan dijadikan sport centre adalah Eks Hak Guna Usaha (HGU) PT Perkebunan Nusantara II.

Kepala Kantor Wilayah BPN Sumut Bambang Priono mengatakan, lokasinya di Desa Saentis, Deliserdang arah ke Bandara Kualanamu. “Jadi sekarang ini lagi persiapan lahan dan pelepasan asetnya ke menteri BUMN selaku holding PTPN. Untuk tanahnya tahun ini bisa kita kejar,” ujar Bambang, Selasa (2/4)

Dengan lahan yang cukup luas, BPN yakin Sport Centre yang akan dibangun menjadi yang termegah di Asia. Pembangunan akan dilakukan setelah pengadaan lahan rampung. “Tanah seluas 300 hektare merupakan pengadaan yang besar, dan kalau pembangunan tersebut terjadi akan menjadi pusat olahraga termegah dan termegah di Asia,” ujarnya.

Sumut dan Aceh akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON). Hal itu ditetapkan pada April tahun lalu. Sumut dan Aceh mendapat suara terbanyak untuk menjadi tuan rumah. “Jadi bukan hanya untuk (kebutuhan) PON, tapi bisa Olimpiade. Kalau PON gelegarnya kan cuma nasional, tapi ini kita mau persiapkan untuk Olimpiade 2032 yg lahannya seluas 300 hektare,” ungkapnya.

Tahun ini, BPN mengejar proses pembebasan lahan. Pihaknya berharap, masyarakat bisa memberikan dukungan penuh dari masyarakat.

Jika nanti rampung, aset sport centre akan dikelola oleh Pemprov Sumut. “Ini harus kita dukung semua. Rakyat harus nurut dengan pemerintah, dan yang jelas kita punya mimpi besar mewujudkan rencana ini,” katanya. (*)

Bagi berita:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*