Posted on Leave a comment

Mengenal Mastercard 3D Secure Untuk Keamanan Bertransaksi

Mengenal Mastercard 3D Secure Untuk Keamanan Bertransaksi

Pada zaman yang telah modern seperti sekarang ini, semakin banyak transaksi yang dilakukan secara online. Semakin banyaknya proses transaksi tersebut, tentunya juga harus disertai dengan tingkat keamanan ketika tengah melakukan transaksi online, terutama bagi transaksi kartu kredit.  

Hal ini dikarenakan karena semakin banyaknya jumlah transaksi fradu dan juga hacker yang akan mencuri data kemudian akan menyalahgunakan kartu kredit. Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah ini pihak bank biasanya akan menerapkan teknologi Three Domain Secure atau Mastercard 3D Secure agar penggunaan kartu kredit merasa aman ketika tengah melakukan proses transaksi.

Pengertian Mastercard 3D Secure

Pengertian Mastercard 3D Secure

Apakah pengertian dari Mastercard 3D Secure? 3D Secure merupakan sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Arcot System dan pertama kali dipakai VISA. Hal ini guna melindungi setiap transaksi online dari kartu kredit ataupun kartu debit.

Setelah VISA mengembangkan teknologi ini, tentu dapat meningkatkan keamanan dan mulai digunakan oleh sebagian besar masyarakat dengan nama verified by VISA atau brand milik VISA. 

Adanya sistem 3D Secure ini untuk dapat memastikan setiap transaksi online yang berlangsung akan diketahui oleh pemilik dari kartu kredit. Meskipun teknologi ini tak menjamin penuh keamanan yang 100 persen, namun teknologi ini bisa meminimalisir terjadinya kejahatan dan juga tindak penyalahgunaan kartu kredit milik anda.

3D Secure Untuk Keamanan Bertransaksi

Three Domain Secure atau 3D Secure atau 3DS ini merupakan sebuah protokol keamanan transaksi online untuk dapat melakukan konfirmasi atau autentikasi pada pemilik kartu kredit.

Sistem kerjanya yaitu dengan cara mengirimkan one time password atau OTP. Ketika anda tengah melakukan transaksi 3DS, maka para pelanggan akan diarahkan menuju sebuah halaman.

Di halaman tersebut, para pelanggan diharuskan memasukkan kode pin atau password yang telah dikirimkan melalui SMS USSD. Pada umumnya hal ini juga akan dikenali pihak VISA untuk verified by VISA dalam kartu jenis VISA. Setelah itu, Mastercard Securecode bagi kartu Mastercard, kartu Jsecure untuk JCB, dan juga Safekey untuk jenis American Express.

Cara Mengaktifkan 3D Secure

Untuk mengaktifkan layanan Mastercard 3D Secure ini terbilang cukup mudah. Karena anda telah memasukkan data ketika mengajukan pembuatan kartu kredit, maka ketika anda mengaktifkan kartu kredit tersebut, otomatis layanan 3DS ini juga akan aktif.

Jika belum aktif, maka anda hanya perlu membuka website resmi milik bank penerbit kartu kredit milik anda, lalu mendaftarkan password 3D Secure yang akan digunakan untuk setiap kali hendak bertransaksi secara online. Setelah itu, dalam setiap proses transaksi online yang anda lakukan, bank secara otomatis akan kirim kode verifikasi lewat SMS.

Proses Transaksi Mastercard 3D Secure

Untuk melakukan transaksi Mastercard 3D Secure ini, langkah yang harus anda lakukan cukup mudah. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan pembayaran melalui Mastercard, caranya anda sebagai pelanggan membeli barang ataupun jasa dari penjual.

Kemudian pembayaran akan dikonfirmasi. Sistem point of point sales merchant akan mengumpulkan informasi rekening nasabah secara aman mengirimkannya melalui perusahaan pengakuisisi.

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan transaksi melalui submit. Kemudian otorisasi akan diminta lalu anda akan melakukan pembayaran merchant. Langkah otorisasi diminta dengan respon otorisasi pihak bank penerbit. Kemudian akan memberikan rincian pembayaran pada pengakuisisi merchant yang selanjutnya akan mendapatkan deposito pembayaran melalui akun merchant. Mastercard 3D Secure benar-benar membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *