Posted on Leave a comment

Online Payment Gateway di Indonesia

Online Payment Gateway di Indonesia

Saat ini online payment gateway di Indonesia berkembang seiring munculnya tren belanja online melalui marketplace ataupun online store yang menawarkan berbagi macam kemudahan.

Pasalnya, kini para pembeli dapat berbelanja dengan tidak harus mengunjungi tempat atupun toko. Hanya dengan menggunakan jari saja, anda dapat dengan mudah mencari produk yang hendak anda beli melalui marketplace ataupun media sosial.

Apa Itu Payment Gateway?

Apa Itu Payment Gateway

Payment gateway merupakan gerbang ataupun sarana transaksi yang telah dibawa oleh suatu layanan e-commerce yang ternyata sudah memberi otoritas pemrosesan kartu kredit ataupun pembayaran langsung bagi para kliennya dalam kegiatan bisnis elektronik atau online.

Untuk mempermudah alur pembayaran ketika berbelanja online, maka digunakanlah gateway sebagai sarana mempercepat proses pembayaran. Prismalink merupakan platform yang menyediakan payment gateway di Indonesia.

Cara Kerja Payment Gateway

Payment gateway merupakan layanan yang memproses perizinan dari kartu kredit umum yang disebut transaksi online transfer bank yang dilakukan antara penjual dan juga pembeli.

Layanan ini dapat sangat membantu anda sebagai seorang pebisnis dalam menerima pembayaran. Transaksi ini juga akan dilakukan secara aman, aktual, dan real time.

Seperti apa contohnya? Misalnya seorang pembeli telah memasukkan detail dari informasi kartu kredit miliknya setelah melakukan pemesanan dan ingin close the deal.

Detil pembayaran tersebut kemudian akan dikirimkan ke payment gateway untuk dilakukan penguncian terlebih dahulu sebelum selanjutnya dilanjutkan ke bank acquiring atau issuing bank.

Perkembangan Online Payment Indonesia

Perkembangan online payment di Indonesia cukup menarik untuk diulas. Pemerintah dan juga Bank Indonesia sejak tahun 2013 lalu telah menggalakkan kampanye cashless society atau gerakan transaksi non tunai.

Dengan ini nampaknya masyarakat patut untuk bersenang. Karena kini sebagian besar masyarakat Indonesia mulai mengandalkan pembayaran secara online. Hadirnya fenomena belanja kekinian tanpa uang tunai juga telah menghadirkan tren perkembangan online payment di Indonesia yang semakin positif.

Standar Sistem Keamanan Payment Gateway

Melakukan transaksi secara online memang sangat rentan terhadap berbagai macam ancaman digital. Salah satunya adalah penipuan online ataupun peretasan dimana data dari pelanggan dapat diakses tanpa sepengetahuan dari pihak ketiga atau peretas.

Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir lagi karena saat ini payment gateway di Indonesia telah memiliki sebuah prosedur standar sistem yang akan menjamin keamanan ketika tengah bertransaksi.

Pentingnya e-Commerce Payment Gateway

Terdapat banyak sekali alasan mengapa keberadaan payment gateway di Indonesia ini sangat penting untuk dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan eksistensi e-commerce yang telah anda bangun. Adapun pentingnya payment gateway bagi e-commerce diantaranya adalah:

Jaminan Keamanan

Payment gateway ini sangat penting untuk e-commerce karena sangat terjamin keamanannya. Dengan menggunakan payment gateway ini, anda dapat terhindar dari tindakan penipuan kartu kredit.

Tak hanya itu, anda juga dapat melakukan transaksi dengan mudah, aman, dan cepat tanpa harus khawatir akan pishing, pencurian data, ataupun hack dari pihak tidak bertanggung jawab.

Meningkatkan Kepercayaan

Tak dapat dipungkiri bahwa e-commerce payment gateway ini mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada lapak para pebisnis. Hal ini dikarenakan payment gateway ini telah mampu menjaga privasi dan juga keamanan data yang diberikan.

Jangkauan yang Lebih Luas

Dengan menggunakan payment gateway ini akan memungkinkan e-commerce untuk bisa menjangkau pelanggan yang kian luas. Jangkauan yang diberikan pun tak hanya di dalam negeri saja, melainkan juga dapat hingga ke luar negeri. Bagi anda pebisnis yang ingin memperoleh banyak pelanggan, maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan payment gateway di Indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *