Posted on Leave a comment

Payment Gateway : Pengertian, Keuntungan dan Mekanismenya

Payment Gateway Pengertian, Keuntungan dan Mekanismenya

Beberapa tahun terakhir ini perkembangan teknologi telah mengubah model bisnis dan juga gaya hidup banyak orang. Salah satunya dengan kemunculan payment gateway atau yang disebut juga dengan gerbang pembayaran.

Sebenarnya gerbang pembayaran ini merupakan sebuah sistem pembayaran yang bisa memudahkan pembeli dan juga penjual dalam melakukan transaksi. Sebab, anda tak perlu keluar rumah untuk transaksi di bank, ATM atau menulis cek.

Pengertian Payment Gateway

Mekanisme Kerja dan Keamanan Payment Gateway

Dalam sebuah layanan e-commerce, gerbang pembayaran ini bisa memproses transaksi pembayaran dengan kartu debit dan juga kartu kredit. Prosesnya sangat mudah dan juga cepat.

Selain itu, payment gateway juga bisa diartikan sebagai sebuah sistem transaksi online yang bisa mengotorisasi dan memberi kuasa di dalam proses pembayaran melalui transfer bank atau kartu kredit. Berbagai macam pembayaran secara langsung BCA Klikpay, e-pay BRI, Mandiri clickpay, dan lainnya juga bisa.

Keuntungan Menggunakan Payment Gateway

Gerbang pembayaran ini memiliki banyak sekali keuntungannya, baik keuntungan untuk pihak penjual maupun bagi pembeli. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh saat menggunakan gerbang pembayaran ini.

Manfaat untuk Pembeli

Saat anda menggunakan gerbang pembayaran, maka pembeli bisa langsung melakukan transaksi tanpa harus membuka website dari penjual. Atau membuka website dari pihak ketiga agar bisa melakukan transaksi.

Selain itu, ini bisa memudahkan pembeli saat berbelanja online. Pembeli juga akan merasa aman saat transaksinya dilakukan melalui gerbang pembayaran.

Manfaat untuk Penjual

Pengguna payment gateway akan lebih mudah dan cepat dalam memeriksa pembayaran menggunakan kartu kredit dan kartu debit. Gerbang pembayaran ini bisa melindungi data kartu kredit menggunakan teknologi enkripsi data dan juga informasi ketika pelanggan melakukan transaksi.

Online shop juga tak perlu menyediakan banyak rekening. Sebab gerbang pembayaran ini dapat menerima dana transfer dari berbagai rekening bank. Selain itu, juga bisa menyalurkannya pada satu rekening milik toko online.

Keamanan transaksi dan kecepatannya berlaku untuk proses massal.  Sebab ratusan bahkan ribuan transaksi bisa diproses dengan gerbang pembayaran dalam waktu yang singkat.

Gerbang pembayaran ini sangat user friendly. Hal ini karena telah dilengkapi dashboard yang bisa membantu penjual dan pembeli dalam rekonsiliasi penjualan. Seperti detail pelanggan, laporan penjualan, void dan juga refund atau pengembalian dana untuk transaksi.

Gerbang pembayaran ini sangat aman bagi pengguna kartu kredit sebab mempunyai teknologi berupa fraud detection. Teknologi ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kecurangan pembayaran yang ada di toko online.

Mekanisme Kerja dan Keamanannya

Pelanggan memilih produk berdasarkan informasi pada payment gateway. Lalu akan diteruskan ke prosesor pembayaran bank milik anda. Selanjutnya prosesor pembayaran akan meneruskan informasi transaksi pada asosiasi penerbit kartu.

Berikutnya bank terkait menerima permintaan dan mengirim balasan pada prosesor dengan kode khusus dan memberi konfirmasi terkait keberhasilan transaksi. Prosesor pembayaran mengirim pesan ke gerbang pembayaran, lalu diteruskan ke website dan pemegang kartu sampai transaksi berhasil. 

Perihal sistem keamanan, ada prosedur standar untuk melindungi transaksi pelanggan lewat beberapa sistem pelacakan. Seperti AVS atau Address Verification System yang bisa memeriksa tagihan pelanggan.

CV2 atau Card Security Code setiap transaksi berlangsung, maka pelanggan diminta memasukkan tiga digit terakhir bagian belakang kartu kredit atau kartu debit. 3D Secure Password dipakai sebagai alat mengotorisasi pembayaran. Proses keamanan standar ini harus dilewati oleh pelanggan dan juga dilakukan payment gateway. Jadi lebih bisa memastikan transaksi pelanggan selalu lancar dan juga aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *