Posted on Leave a comment

Definisi Pembayaran Online dan Manfaatnya Dalam Bertransaksi

Definisi Pembayaran Online dan Manfaatnya Dalam Bertransaksi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak pada sektor finansial. Salah satu dampaknya adalah kehadiran pembayaran online yang sudah berbasis teknologi. Pembayaran dengan sistem online memang sedang populer saat ini.

Kehadiran pembayaran dengan sistem online sangat membantu masyarakat yang ingin bertransaksi. Kemudahan ini dapat dirasakan langsung dari segi efisiensi waktu dan efektivitas kegiatan antara pebisnis dan konsumen.

Apa Definisi Pembayaran Online?

Sebuah layanan transaksi pembayaran yang menggunakan sistem online atau server merupakan pengertian atau definisi dari pembayaran online.

Dampak dari pemanfaatan teknologi pada bidang finansial sangat dirasakan oleh masyarakat. Keberadaan sistem pembayaran berbasis online ini langsung dimanfaatkan oleh masyarakat.

Salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan sistem pembayaran berbasis online adalah gadget atau yang lebih dikenal dengan telepon pintar. Teknologi ini bisa digunakan untuk mendapatkan layanan pembayaran dengan sistem online.

Macam-Macam Pembayaran Online

Macam-Macam Pembayaran Online

Dalam penerapannya, ada beberapa layanan yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran berbasis online. Berikut ini beragam jenis dari layanan pembayaran berbasis online.

1. SMS Banking

Short Message Banking merupakan salah satu dari layanan pembayaran berbasis online yang ditawarkan langsung oleh pihak bank. Layanan ini bisa diaplikasikan menggunakan smartphone.

Dengan fitur SMS yang telah tersedia di smartphone, maka pengguna bisa menggunakannya dengan mudah. Transaksi finansial bisa dilakukan tanpa harus mengunjungi bank yang bersangkutan.

2. Internet Banking

Selain SMS Banking, pihak bank juga menawarkan layanan Internet Banking dalam hal pembayaran online. Internet Banking ini membutuhkan token yang nantinya digunakan untuk bertransaksi.

Penggunaan Internet Banking ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dimanapun, termasuk di rumah. Sehingga pengguna tidak perlu datang ke bank dan membawa buku tabungan atau yang lainnya.

3. Mobile Banking

Selanjutnya adalah Mobile Banking. Layanan ini hadir dalam bentuk aplikasi. Sehingga penggunaannya menggunakan smartphone yang kompatibel dengan aplikasi tersebut. Salah satu contoh dari aplikasi Mobile Banking adalah BRI Mobile.

Ada beberapa bank yang sudah meluncurkan aplikasi Mobile Banking. Para pengguna bisa mengunduhnya melalui Play Store atau App Store. Banyak fitur yang disediakan oleh aplikasi Mobile Banking.

Fitur tersebut tentunya berfungsi untuk memudahkan anda dalam melakukan transaksi pembayaran secara online. Agar penggunaan lebih mudah, maka anda biasanya diwajibkan untuk melakukan aktivasi terlebih dahulu di bank yang bersangkutan.

4. Layanan e-Money

Jenis pembayaran online yang selanjutnya adalah e-Money. Istilah ini biasanya lebih dikenal dengan uang elektronik. Dalam hal ini, pembayaran dilakukan secara online dengan uang yang berwujud virtual.

Ada banyak layanan e-Money yang bisa digunakan. Diantaranya adalah OVO, Sakuku, Doku, DANA, dan masih banyak lagi. Semua layanan tersebut bisa digunakan untuk bertransaksi secara online, termasuk dalam hal pembayaran.

Manfaat dan Cara Menggunakan Pembayaran Online

Pembayaran secara online hadir untuk digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam hal transaksi finansial. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari sistem pembayaran secara online.

Diantaranya adalah pembayaran bisa dilakukan dengan mudah. Kemudahan ini terkait dengan efisiensi waktu dan tempat pembayaran. Karena pembayaran online bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Manfaat yang selanjutnya adalah meminimalisir tindak kejahatan. Seperti yang diketahui bahwa pembayaran dengan sistem online berbeda dengan tunai atau cash. Pembayaran secara cash dapat memicu kejahatan berupa perampokan dan yang lainnya.

Manfaat selanjutnya adalah kemudahan dalam bertransaksi. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan smartphone sehingga pembayaran bisa dilakukan dengan mudah dan praktis.

Cara menggunakan sistem pembayaran secara online sebenarnya mudah. Penggunaannya disesuaikan dengan layanan yang dipilih. Mulai dari SMS Banking, Internet Banking, hingga e-Money.

Penggunaannya bisa diaplikasikan melalui smartphone. Sehingga anda perlu memiliki smartphone yang kompatibel dengan layanan finansial tersebut. Agar proses aktivasi dan sejenisnya bisa berjalan dengan lancar. Keberadaan pembayaran online ini memang sangat berdampak pada kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Sehingga transaksi bisa dilakukan dengan mudah, kapanpun, dan dimanapun pengguna berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *