Posted on Leave a comment

Kemudahan QR Code Payment untuk Alat Transaksi Kekinian

Kemudahan QR Code Payment untuk Alat Transaksi Kekinian

Merupakan metode pembayaran tanpa uang tunai dengan memindai atau scanning kode yang berwujud dimensi. QR Code umumnya berbentuk jajaran persegi berwarna hitam seperti barcode tetapi dengan tampilan lebih ringkas. Dengan menggunakan QR Code Payment ini dapat menyimpan data yang disandikan. Sebagian besar data yang memuat berbagai informasi di dalamnya seperti alamat URL, teks hingga nomor telepon. Oleh karena itu, membacanya dibutuhkan smartphone berkamera dan sebuah aplikasi pembaca QR Code.

Kemudahan QR Code Payment

Kemudahan QR Code Payment

Dalam perkembangannya, QR Code semakin banyak digunakan di bidang lainnya seperti akses berita hingga metode pembayaran. Bahkan kini di Indonesia, penggunaan QR Code sebagai alat pembayaran menjadi tren karena menawarkan akses yang mudah dan cepat. Asisten Gubernur Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Filianingsih Hendarta mengatakan, meskipun QR Code Payment sudah mulai banyak digunakan untuk pembayaran mobile, metode pembayaran ini belum memiliki standar di Indonesia. Oleh karena itu, Bank Indonesia saat ini sedang melakukan uji coba untuk standarisasi QR Code melalui Indonesian Standard QR Code.

QRIS kini diharapkan memberikan banyak kemudahan bagi semua pihak, mulai dari masyarakat, merchant, perbankan, dan perusahaan fintech lainnya. Dengan adanya QRIS, merchant akan semakin mudah dalam melayani pembayaran dari konsumen. Pasalnya, merchant tidak perlu lagi memiliki banyak jenis QR Code. Bagi masyarakat pun bisa diuntungkan karena proses pembayaran menjadi lebih cepat dan aman.

Penerapan QR Code di bisnis perbankan juga akan memberi dampak penghematan investasi dalam penyediaan alat pembayaran. Jika masih menggunakan kartu, perbankan mau tidak mau harus menyediakan banyak mesin Electronic Data Capture dan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Filianingsih menambahkan, penerapan metode QR Code membuat transaksi non-tunai semakin mudah. Untuk itu, penerapan metode QR Code Payment akan gencarkan sebagai salah satu upaya memperluas dan meningkatkan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

Metode ini juga bukan hanya untuk merchant yang ada di kota-kota besar saja, tetapi juga akan menyasar pedagang kecil seperti di pasar tradisional. Merupakan perkembangan digitalisasi dan teknologi mengubah landscape sistem pembayaran di Indonesia, pada masyarakat yang memegang uang tunai menjadi cukup dengan uang elektronik. Bahkan aplikasi juga menggunakan pembayara QR Code. ada beberapa contoh aplikasi yang dilengkapi dengan fitur pembayaran QR Code.

Aplikasi Gojek

Siapa yang tak kenal dengan transportasi online berbasis aplikasi yang satu ini. Anda bisa cek aplikasi Gojek, lalu lihat bagian menu kanan atas, maka anda akan menemukan icon yang di bawahnya bertuliskan SCAN QR.

Sakuku

Merupakan aplikasi uang elektronik yang dapat digunakan untuk transaksi belanja pada merchants yang sudah bekerjasama, juga memiliki fitur pembayaran menggunakan QR Code.

T-Cash

Aplikasi keluaran Telkomsel ini juga memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi-aplikasi lainnya tersebut. Sebagai uang elektronik, fitur T-Cash juga dilengkapi dengan QR Code untuk transaksi pembayaran secara online maupun offline.

JD.ID

Pasti anda tidak asing lagi dengan ecommerce ini. Bagi anda yang menggunakan aplikasi JD.ID juga sudah dilengkapi dengan fitur pembayaran menggunakan QR Code untuk semakin memudahkan konsumennya melakukan transaksi belanjanya.

Lazada

Menjadi salah satu market place ini juga sudah mengaplikasikan sistem pembayaran melalui QR Code. Apabila anda sudah memiliki aplikasi belanja ini, bisa dicek menu QR Code yang tertera untuk membayara secara QR Payment.

Apabila anda ingin melakukan pembayar sesuatu menggunakan fasilitas QR Code pada aplikasi tersebut, anda harus mengisi saldo terlebih dahulu melalui rekening bank anda. Banyak keuntungan dan kemudahan dalam menggunakan QR Code Payment. Jadi pindah transaksi anda ke metode yang kekinian untuk mendukung kemajuan digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *