Posted on Leave a comment

QR Payment Solusi Pembayaran Paling Efisien dan Efektif

QR Payment Solusi Pembayaran Paling Efisien dan Efektif

Zaman sudah semakin maju, begitupun dengan teknologi yang akhirnya berdampak kemudahan masyarakat. Salah satunya adalah kemajuan teknologi di bidang finansial yang memunculkan QR Payment. Istilah tersebut merupakan nama asing yang sudah lazim disebut.

Istilah tersebut merupakan pengertian dari sistem pembayaran yang tidak menggunakan uang tunai atau uang yang berwujud, melainkan menggunakan kode yang nantinya akan memudahkan dalam pembayaran. Teknologi ini juga sudah muncul di Indonesia. Bahkan sudah ada beberapa orang yang menggunakan teknologi ini.

Keuntungan Penggunaan QR Payment Dalam Pembayaran

Keuntungan Penggunaan QR Payment

Sebelum mengetahui apa saja keuntungan dari pembayaran QR, akan lebih baik jika mengetahui lebih detail mengenai pembayaran QR itu sendiri. Pembayaran elektronik yang dilakukan dengan cara pemindaian kode merupakan salah satu pengertian dari pembayaran QR.

Lalu alat atau perangkat apa yang harus digunakan untuk memindai kode tersebut? Tentunya alat yang digunakan harus canggih. Ponsel pintar atau yang lebih dikenal dengan smartphone merupakan alat yang digunakan untuk memindai kode pembayaran tersebut.

Dengan begitu, proses pembayaran akan lebih mudah dan tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Bahkan anda bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja tanpa harus menggunakan kartu ATM atau yang lainnya. QR Payment ini sebenarnya tidak hanya sebagai metode pembayaran saja, karena di dalam kode tersebut juga berisi beberapa informasi.

Diantaranya adalah harga barang, nama barang, jumlah pembayaran, dan yang lainnya. Sehingga pembayaran yang dilakukan menggunakan kode QR akan semakin mudah dan tidak kalah detail dengan metode pembayaran yang lainnya.

Dari pengertian diatas, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan pembayaran QR. Berikut ini penjelasannya.

1. Kemudahan Bertransaksi

Dengan berkembangnya teknologi, maka transaksi finansial juga ikut berkembang. Seperti transaksi yang dilakukan secara online. Pastinya pembayaran yang dilakukan juga online. Salah satu metode pembayaran yang dapat digunakan adalah QR Payment.

Dengan menggunakan pembayaran QR, maka proses transaksi akan semakin mudah. Anda tidak perlu menggunakan ATM atau cara transfer lainnya. Sebab dengan sekali pemindaian, maka proses transaksi akan terselesaikan.

2. Lebih Praktis

Keuntungan yang selanjutnya adalah praktis. Alasannya adalah hanya dengan menggunakan smartphone, anda sudah bisa bertransaksi dimanapun dan kapanpun selagi saldo terisi. Inilah yang menjadi keunggulan dari QR Payment dan juga menguntungkan bagi masyarakat yang menggunakan.

3. Bersifat Resmi

Kini di Indonesia sendiri sudah ada beberapa pembayaran QR yang disediakan oleh beberapa instansi. Pembayaran QR tersebut juga disediakan dalam bentuk resmi sehingga masyarakat tidak perlu khawatir jika akan menggunakan pembayaran dengan cara scanning kode QR.

Keuntungan diatas merupakan hal yang bisa didapat oleh masyarakat. Tidak ada salahnya anda mencoba untuk menggunakan pembayaran QR. Dijamin akan lebih efisien dan efektif jika digunakan.

Bagaimana Cara Menggunakan QR Payment?

Penggunaan teknologi ini cukup mudah. Asalkan anda memiliki ponsel pintar atau smartphone yang terbilang cukup canggih. Secara umum pembayaran QR didapatkan dari beberapa aplikasi mobile banking dan aplikasi pembayaran online lainnya.

Ada beberapa aplikasi yang telah menggunakan teknologi ini. Cara yang bisa anda gunakan adalah mengunduh aplikasi mobile bangking atau dompet digital terlebih dahulu. Kemudian menginstal dan membuka aplikasi tersebut. Setelah itu akan muncul beberapa menu pembayaran. Anda bisa memilih untuk menggunakan pembayaran dengan QR atau yang biasa disebut dengan QR Payment. Kemudian dilanjutkan dengan pemindaian atau scanning kode QR yang disediakan. Lalu akan muncul detail pembelian sekaligus pembayarannya. Langkah terakhir adalah konfirmasi pembayaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *