Posted on Leave a comment

Whatsapp Payment Gateway Untuk Pembayaran yang Lebih Mudah

Whatsapp Payment Gateway Untuk Pembayaran yang Lebih Mudah

Perkembangan teknologi tidak terlepas dari sebuah dampak pada aktivitas atau kegiatan lain. Sama halnya dengan teknologi pembayaran yang akan berdampak pada masyarakat. Pasalnya payment gateway juga akan diberlakukan pada aplikasi Whatsapp. Whatsapp Payment Gateway tersebut memang belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu alasannya adalah karena belum diberlakukan dan memang belum diberikan izin oleh lembaga keuangan yang memiliki otoritas tinggi yaitu Bank Indonesia. Meskipun payment gateway untuk Whatsapp sudah ada, namun belum diresmikan di Indonesia. Hanya ada beberapa negara yang sudah menggunakan layanan teknologi ini.

Apa Itu Whatsapp Payment Gateway?

Apa Itu Whatsapp Payment Gateway

Siapa yang tidak mengenal Whatsapp, salah satu aplikasi pengirim pesan instan yang sudah sangat populer di berbagai negara. Pesan yang dikirimkan tidak hanya berupa pesan teks saja, tetapi juga bisa digunakan untuk mengirimkan pesan dalam bentuk media.

Sedangkan payment gateway merupakan jalan atau gerbang yang disediakan oleh layanan e-commerce dalam hal pembayaran secara online. Payment gateway ini sudah dapat digunakan oleh semua orang yang ada di Indonesia. Sebab sudah ada beberapa layanan payment gateway yang bisa digunakan.

Lalu apa yang dimaksud dengan Whatsapp Payment Gateway? Jika digabungkan menggunakan dua pengertian diatas, maka pengertiannya adalah pembayaran yang akan dilakukan menggunakan aplikasi Whatsapp. Dapat dibayangkan bahwa aplikasi pesan chat nantinya akan digunakan sebagai aplikasi finansial yang bisa dimanfaatkan dalam hal pembayaran.

Namun hal ini belum dikonfirmasi oleh pihak Bank Indonesia. Sebab, belum ada kepastian yang jelas bagaimana dan apa yang terjadi jika payment gateway dari Whatsapp ini diberlakukan di Indonesia.

Ketatnya regulasi mengenai lisensi di Indonesia membuat layanan ini belum diberlakukan. Meskipun begitu, masyarakat bisa menggunakan payment gateway yang lainnya dalam proses pembayaran.

Kelebihan Whatsapp Payment Gateway Jika Benar Diberlakukan

Hampir sama dengan layanan payment gateway lainnya, Whatsapp akan menghadirkan sebuah layanan dompet digital. Fungsinya pun hampir sama dengan dompet digital lainnya yaitu untuk melakukan transaksi berupa transfer uang antar sesama pengguna. Whatsapp Payment Gateway ini akan disematkan dalam bentuk fitur. Hal ini dibuktikan dari beberapa penggunaan aplikasi ini yang telah diberlakukan di India.

Keuntungan yang bisa didapatkan pun hampir sama dengan layanan payment gateway yang lainnya. Seperti kemudahan dalam bertransaksi tanpa harus bertatap muka. Kemudian kemudahan transfer terhadap pengguna lain yang juga memiliki layanan serupa.

Keuntungan yang lainnya adalah efisiensi ketika melakukan transfer. Karena hanya menggunakan smartphone dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Seperti yang diketahui bahwa Whatsapp merupakan aplikasi yang tersedia di smartphone.

Keuntungan ini nantinya akan dirasakan oleh para pengguna Whatsapp. Sebagai salah satu aplikasi chat terbaik, maka layanan ini juga akan memberikan kemudahan yang tidak kalah canggih.

Whatsapp Payment Gateway di Indonesia

Pemberlakuan layanan ini tentunya membutuhkan prosedur yang cukup panjang dan tidak mudah. Sebab, hal ini berkaitan dengan lisensi dan juga finansial. Keduanya akan berdampak pada beberapa sektor di Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan konfirmasi yang jelas mengenai layanan dari Whatsapp ini.

Pihak Whatsapp juga sudah membicarakan hal ini terhadap Indonesia. Apabila layanan ini diterima dan diresmikan, maka Indonesia akan menjadi negara kedua yang menggunakan payment gateway dari Whatsapp. Whatsapp Payment Gateway ini akan mendukung pembayaran secara digital, namun dengan regulasi yang ketat dan tidak sembarangan diberlakukan begitu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *